SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D Fakhri meresmikan Rumah Sakit Bhayangkara Kelas IV Mimika di jalan Agimuga, Mile 32, Distrik Kuala Kencana, Sabtu (2/3/2024).

Peresmian RS berlantai tiga yang dibangun di atas lahan seluas 34.230 meter persegi dan luas bangunan 4.063 meter persegi ini dihadiri Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Papua Tengah dr. Silwanus Sumule, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika Reynold R. Ubra, para petinggi TNI-Polri, serta pimpinan Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) dan Lembaga Musyawarah Adat Suku Kamoro (LEMASKO).

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathias D. Fakhri saat diwawancarai mengatakan bahwa RS tersebut diberi nama Dira Cartenz dan memiliki ruang inap berkapasitas 20 pasien di lantai 2 dan 23 pasien di lantai 3.

Dia berharap dengan adanya RS ini dapat melayani anggota Polri dan juga seluruh masyarakat di wilayah Mimika, Papua Pegunungan dan Papua Tengah.

Irjen Fakhiri mengungkapkan bahwa pelayanan kesehatan di tanah Papua harus digarap bersama, untuk itu kerjasama antara Pemerintah dan Polri harus betul-betul terjalin.

Diingatkan kepada seluruh tenaga medis yang akan bertugas di RS Bhayangkara agar tidak menanyakan perihal kemampuan finansial, tetapi harus lebih mengedepankan kualitas pelayanannya, karena keselamatan masyarakat jauh lebih penting.

"Ini RS Bhayangkara kedua untuk di tanah Papua selain yang di Jayapura. Adanya RS ini sebagai bentuk komitmen Polri membantu Pemerintah dalam penanganan kesehatan anggota Polri dan khususnya masyarakat," ungkapnya.

Sementara Kadinkes Provinsi Papua Tengah, dr. Silwanus Sumule menyampaikan bahwa Mimika ditargetkan sebagai pusat RS di Papua Tengah. Karena itu diharapkan setiap RS yang dibangun agar dilengkapi dengan izin, tipe, terakreditasi, dan memiliki dokter spesialis sehingga dapat direkomendasikan dengan program pemerintah berupa BPJS termasuk kartu Otsus Sehat bagi orang asli Papua (OAP).

"Makanya saat ini untuk di Papua Tengah sudah ada satu RS di setiap Kabupaten dan diharapkan betul-betul berjalan dengan baik sesuai fungsinya," ungkap Silwanus.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy