SALAM PAPUA (TIMIKA) - Humas RSUD Mimika, Lucky Mahakena menyebutkan bahwa kondisi kesehatan bayi laki-laki yang ditemukan di dekat jembatan Waker tanggal 26 Februari 2024 kini mulai membaik.

Lucky mengungkapkan bahwa status bayi laki-laki tersebut kini merupakan milik negara, karena masih dalam penanganan Dinas Sosial Kabupaten Mimika dan belum menemukan orang tua kandungnya.

Sebelumnya setelah ditemukan warga di dekat jembatan Waker, bayi malang tersebut sempat dievakuasi ke Puskesmas Timika, kemudian dipindahkan ke RSUD Mimika lantaran mengalami gangguan pernafasan dan infeksi.

“Setelah dirawat kondisi bayinya sudah sedikit pemulihan dari kondisi yang sebelumnya. Beberapa waktu ke depan kondisinya dipastikan sudah pulih dan akan dikembalikan ke Dinas Sosial Kabupaten Mimika," ungkap Lucky kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Sabtu (2/3/2024).

Hal senada disampaikan Kepala Bidang  Rehabilitasi Sosial Dinas Sosial Kabupaten Mimika, Paulus Saile, bahwa sejak ditemukan, banyak warga Timika yang berkeinginan mengadopsi bayi tersebut, namun tidak ada aturan yang mengatur bahwa bayi yang ditemukan tanpa identitas harus diadopsi. Saat ini bayi masih dalam pengawasan pemerintah dan bisa dipelihara oleh negara.

“Tidak harus diadopsi, bisa dipelihara oleh negara. Kita berharap bayi tersebut tetap sehat dan segera pulih kondisi kesehatannya," kata Paulus kepada salampapua.com melalui sambungan telepon.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy