SALAM PAPUA (TIMIKA) - Peanus Uamang yang merupakan orang asli Papua (OAP) dari suku Amungme, Kabupaten Mimika, menyampaikan ungkapan terima kasihnya kepada masyarakat Mimika karena dirinya menjadi salah satu dari 10 Calon Legislatif yang berhasil memperoleh suara terbanyak di Kabupaten Mimika, daerah pemilihan (Dapil) 5 Provinsi Papua Tengah, pada Pemilu 2024 yang lalu.

Politikus Partai Amanat Nasional (PAN) ini memperoleh suara terbanyak di partainya dengan total 6.601 suara, yang mana partai PAN meraih posisi ke-6 dengan total 16.988 suara, untuk Caleg DPRD Provinsi Papua Tengah, Dapil Kabupaten Mimika yang terdiri dari 18 Kecamatan (Distrik).

Dengan hasil perolehan suara ini, Peanus Uamang, akan menduduki kursi DPRD Provinsi di salah satu provinsi DOB Papua tersebut.

“Saya sangat berterimakasih kepada masayarakat Mimika terutama dari Distrik Hoya, Kuala Kencana, Tembagapura dan Distrik lainnya yang telah mempercayakan suaranya kepada saya,” ujar Peanus saat menemui salampapua.com, Senin (18/3/2024).

Peanus mengatakan, dengan kepercayaan yang diberikan kepadanya, ia akan memperjuangkan semua aspirasi dari masyarakat Mimika, karena ia yang juga sebagai Tokoh intelektual Distrik Hoya mengaku sangat paham dengan kesulitan yang dirasakan masyarakat.

“Saya siap memperjuangkan hak-hak rakyat yang belum sampai di tangan masyarakat. Saya sangat tahu apa yang diinginkan masyarakat sebab saya juga orang kecil yang Tuhan percayakan,” ungkapnya.

Saat ditanya terkait jika adanya sengketa Pemilu yang diajukan pihak-pihak tertentu untuk semua suara-suara yang disahkan KPU, Peanus dengan tegas mengaku siap mengikuti semua proses dan tahapan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.

“Jelas kami akan mengikuti semua tahapan. Apabila ada pihak-pihak yang tidak terima dengan hasil yang telah ditetapkan (KPU), dapat mengajukannya sesuai prosedur yang berlaku. Namun yang jelas saat ini semua tahapan Pemilu telah dilalui dan tinggal menunggu pelantikan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy