SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ratusan umat Islam di Timika, Kabupaten Mimika, melaksanakan salat tarawih perdana di bulan suci Ramadhan 1445 Hijriah/2024 Masehi, yang diselenggarakan di Masjid Agung Babusallam Timika, sekira pukul 19.30 WIT, Senin (11/3/2024).

Pantauan salampapua.com, yang bertindak selaku imam tarawih adalah Ustaz Mahardika Haris dengan penceramah Ustaz  H. Muh. Tahir Sulaiman, Lc.

Dalam ceramahnya, Ustaz  H. Muh. Tahir Sulaiman, Lc menyampaikan pesan bahwa umat Islam harus menyambut bulan suci Ramadhan dengan penuh kegembiraan, persiapkan fisik, mental rohani serta tetap menjaga hubungan baik dengan sesama manusia, baik sesama umat Muslim ataupun dengan saudara-saudara yang non Muslim.

"Mari kita tetap saling menjaga hubungan dengan sesama, saling menghargai tanpa menonjolkan sesuatu yang memutus silaturahmi," pesannya.

Imam besar Masjid Agung Babusallam ini juga memberikan motivasi bahwa bulan Ramadhan merupakan kebanggaan, karena jauh sebelumnya umat terdahulu ingin mendapatkan Ramadhan seperti umat Nabi Muhammad. Umat-umat terdahulu sangat ingin lahir pada bulan Ramadhan di masa Rasulullah.

"Sekarang ini kita sudah menjadi umat Rasulullah, kenapa kita tidak bangga?" ujarnya.

Disampaikan bahwa saat ini umat Islam kedatangan tamu yang membawa keberkahan dan kemuliaan, yang mana Allah melimpahkan keberkahan. Tamu yang saat ini datang justru memberikan sesuatu kepada umat Islam sebagai tuan rumah.

Saat diwawancarai usai salat tarawih, dia juga mengatakan bahwa umat Muslim dapat menjalankan ibadah puasa dengan kesungguhan di bulan suci Ramadhan. Harus memiliki perencanaan agar selain melakukan ibadah rutin, tentunya ada amalan lain agar puasa berkualitas.

"Jaga fisik, mental rohani dan hubungan antar sesama manusia itu sangat penting supaya puasa kita itu berkualitas," tuturnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy