SALAM PAPUA (TIMIKA) -  Atraksi lompat indah anak-anak dari atas kapal saat lepas tali di Pelabuhan Poumako, Distrik Mimika Timur, Kabupaten Mimika, menjadi hiburan tersendiri bagi ribuan mata yang memandang, baik penumpang kapal maupun yang berada di Dermaga.

Meski sebagian warga merasa khawatir dengan atraksi menegangkan yang dilakukan oleh sejumlah anak laki-laki yang berdomisili di wilayah pelabuhan Poumako itu, tapi loncatan dan gaya berenang bocah-bocah telanjang dada ini menuai tepuk tangan ratusan penumpang dari atas kapal maupun ratusan warga Timika yang berdiri di atas Dermaga Poumako.

"Anak-anak ini sudah terbiasa lompat dari atas kapal, itu selalu dlakukan setiap ada kapal penumpang yang lepas tali dan meninggalkan pelabuhan Poumako," ungkap salah satu ABK Kapal Tatamailau sebelum melepas tali kapal, Senin (15/4/2024).

Pantauan salampapua.com, saat KM Tatamailau asal Merauke telah bersandar di dermaga, bocah-bocah nakal dan polos ini pun ikut berdesak-desakan bersama ratusan penumpang saat menaiki tangga keberangkatan. Merekapun berkelompok berjalan mengelilingi dek kapal bagian luar mencari posisi untuk kemudian bisa terjun bebas ke laut.

"Kami tidak takut karena kami sudah biasa. Tidak apa-apa penumpang kapal tidak kasih kami uang, tapi kami senang saja loncat-loncat dari atas kapal," ungkap Deki, salah satu bocah yang ikut melompat dari kapal.

Bocah kelas V SD ini mengaku selalu berhati-hati dalam melakukan aksinya agar tidak merugikan diri sendiri ataupun teman-temannya. Selain itu, ia dan teman-temannya selalu memperhatikan jarak lompatan dengan dinding kapal agar tidak terbentur.

"Kalau lompat harus kasih kode ke teman-teman yang sudah di laut supaya tidak saling tabrakan. Kalau lompat harus jauh dari dinding kapal supaya tidak terbentur," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy