SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Otoritas Bandara Udara Wilayah X Merauke, Asep Kosasih Samapta mengatakan kali ini pihaknya melakukan pengecekkan kesiapan mudik untuk wilayahnya dan juga melakukan rapat koordinasi bersama SAR, BMKG, serta TNI-Polri untuk menggelar Posko Terpadu Angkutan Lebaran 1445 Hijriah di Bandara Mozes Kilangin Timika.

“Saya sendiri koordinasi untuk wilayah Merauke, Jayapura dan Timika. Saya melakukan beberapa pengecekan kesiapan Bandara, baik pada SDM dan juga peralatannya hingga armadanya. Kita lihat kelayakan pesawat apakah sudah siap untuk mudik, kami minta untuk setiap kepala Bandara menyiapkan Posko untuk pemudik dan untuk Timika sudah ready,” ujarnya kepada salampapua.com saat ditemui di Bandara Mozes Kilangin Timika, Selasa (2/4/2024).

Ia menjelaskan, persiapan perlu diperhatikan dan terus dikoordinasikan bersama pihak-pihak terkait. Menurutnya pada masa angkutan Lebaran aktivitas pergerakan arus penumpang maupun traffic pesawat di bandara akan mengalami peningkatan.

“Untuk hitungan Nasional peninggkatan penumpang pada saat mudik akan meningkat 4-6 persen, dan dari prediksi tiket yang terjual Timika masuk dalam peningkatan 4 persen,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya Posko Terpadu Angkutan Lebaran tersebut dapat membantu masyarakat yang apabila membutuhkan informasi lebih terkait penerbangan. Dia juga berharap semua pihak dapat bersama-sama melakukan tugas sesuai fungsi dan tanggung jawab.

“Posko Terpadu Angkutan Lebaran Tahun 2024 ini rencananya akan dibuka dan diaktifkan pada tanggal 3-18 April 2024 mendatang. Jadi hitungannya 7 hari sebelum hari Raya dan 7 hari setelah hari Raya atau arus balik,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy