SALAM PAPUA (TIMIKA) - Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-57 tahun 2024, PT Freeport Indonesia (PTFI) kembali memberikan pelayanan pemeriksaan kesehatan mata gratis, yang kali ini dilakukan bagi masyarakat Timika dan digelar di Puskesmas Timika, pada tanggal 1-2 April 2024.

Dalam HUT ke-57 PTFI yang bertajuk “Berkarya untuk Indonesia” ini, PTFI menggelar berbagai rangkaian pelayanan pemeriksaan kesehatan mata gratis kepada masyarakat di sekitar wilayah operasi dan di berbagai wilayah di Kabupaten Mimika.

Adapun pelayanan pemeriksaan mata gratis kepada masyarakat dilakukan ini dilakukan di Waa Banti Distrik Tembagapura pada 25-26 Maret 2024, di Mapurjaya Distrik Mimika Timur pada 27-28 Maret 2024, di Kota Timika pada 1-2 April 2024, di SP12 Timika pada 3 April 2024, dan di SP9 Timika pada 4 April 2024.

Mewakili manajemen PTFI, Gruop Leader PFC-CA, Lita Karubaba mengatakan bahwa program pemeriksaan kesehatan mata gratis bagi masyarakat ini dilakukan dalam rangka merayakan HUT PTFI ke-57 dan telah dilakukan di beberapa tempat.

“Kami telah lakukan di Waa Banti, Mapurjaya, dan hari ini kami lakukan di sini (Kota Timika) selama 2 hari. Pemeriksaan mata ini akan berlanjut hingga tanggal 4 April,” ujarnya.

Lita menjelaskan, program pemeriksaan ini bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI), RSUD Mimika, YPMAK dan RSMM, dimana yang melakukan pemeriksaan mata dari RSUD dan PERDAMI. Kemudian pada tanggal 5-6 April 2024 mendatang, PTFI juga akan melakukan pemeriksaan dan operasi Katarak bagi masyarakat yang akan dilaksanakan di RSMM.

“Kami sangat berterimakasih atas partisipasi semua pihak yang membantu menjalankan program ini,” ungkapnya.

Sementara Ketua Pelaksana Layanan Pemeriksaan Kesehatan Mata Gratis PTFI, Wawan Sasongko menyampaikan terimakasihnya kepada PTFI yang telah mempercayakan program pemeriksaan kesehatan mata gratis ini kepada PT Pangansari Utama.

“Kenapa kami memilih program pemeriksaan mata gratis, karena pemeriksaan mata bagi masyarakat sangat jarang dilakukan, padahal mata sangat penting bagi masyarakat untuk menjalani kehidupannya sehari-hari,” ujarnya.

Dia berharap masyarakat di Mimika dapat terbantu dengan pemeriksaan kesehatan mata gratis ini. Dia pun berharap warga Kota Timika dapat memanfaatkan program pemeriksaan kesehatan mata gratis ini dengan baik.

“Saya berharap semuanya bisa terlayani dengan baik karena kami menyediakan 8 dokter mata untuk pemeriksaan ini,” ungkap Wawan disela-sela pelaksanaan pemeriksaan mata gratis di Puskesmas Timika, Senin (1/4/2024).

Penulis: Evita

Editor: Jimmy