SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Yulius Katagame mengatakan masyarakat berharap tahun ini air bersih bisa mengalir di wilayah Mimika Timur Jauh.

“Masyarakat sangat ingin ada air bersih, sebab itu menjadi salah satu permasalahan masyarakat,” ujarnya kepada salampapua.com, Senin (15/4/2024).

Ia menjelaskan, untuk program air bersih di Mimika Timur Jauh, pada tahun 2022 Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika telah menghabiskan anggaran Rp 1,7 Miliar yang digunakan untuk mesin dan instalasi pipa air yang dipasang di rumah-rumah warga.

“APBD 2022 Rp 1,7 Miliar dianggarkan untuk program air bersih di Mimika Timur Jauh namun hingga saat ini kami belum menikmatinya. Sudah satu tahun ini tidak digunakan, banyak instalasi rusak, mesin penyedot airnya pun memiliki daya rendah sehingga tidak mampu menyedot air dalam volume yang besar,” jelasnya.

Selain itu, belum semua rumah warga juga yang terpasang instalasi air, itulah menjadi salah satu faktor mengapa air belum juga dialiri ke rumah-rumah warga.

“Untuk Kampung Amamapare sudah saya usulkan soal air bersih, namun sampai saat ini belum ada realisasi,” ungkapnya.

Selama ini, kata Yulius, masyarakat bergantung pada air hujan, ada juga warga yang mengambil air dari perusahaan kayu setempat, selebihnya ada warga yang menggunakan air kali.

"Minggu lalu ada dari pihak kontraktor kembali mengerjakan air bersih itu tetapi belum rampung, banyak pipa yang bocor karena sudah satu tahun tidak digunakan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy