SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mimika menggelar kegiatan pencarian pertolongan dan evaluasi korban bencana, yang dikemas dalam bentuk aksi donor darah, yang dilaksanakan di Graha Sekretariat DPC Partai  Kebangkitan Bangsa (PKB)  Jalan Poros SP 5, Kamis (16/5/2024).

Kegiatan donor darah yang digagas oleh BPBD Mimika ini, juga melibatkan Palang Merah Indonesia (PMI) Mimika dan menargetkan 200 kantong darah.

Kepala BPBD Mimika, Moses Yarangga mengatakan, kegiatan donor darah ini sebagai bukti bahwa BPBD tidak hanya melakukan aksi evaluasi korban bencana saja, namun juga dapat melakukan aksi kemanusiaan di balik bencana.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama 2 hari dan kami targetkan 200 kantong darah. Hal ini sesuai dengan undangan yang kita bagikan kepada dinas dan juga distrik,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bukan hanya PMI namun BPBD juga bekerjasama dengan Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dan Puskemas Jiliale SP 3.

“Untuk darahnya akan diambil PMI, namun ada petugas kesehatan yang bertugas untuk memastikan kesehatan pendonor layak atau tidaknya mendonor,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencukupi ketersediaan darah di Mimika.

“Dalam kondisi bencana pun, darah sangat diperlukan apabila ada kondisi-kondisi tertentu. Saya berharap dengan aksi ini dapat membantu,” harapnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi