SALAM PAPUA (TIMIKA) - Jenis pekerjaan sangat menentukan level laptop terbaik yang direkomendasikan untuk masing–masing profesi. Dalam hal ini, penggunaan laptop untuk kerja memang tidak bisa disamaratakan.

Misalnya saja untuk profesi sebagai product designer atau bahkan programmer, pasti membutuhkan jenis laptop dengan spesifikasi lebih tinggi dibanding dengan profesi administrasi perkantoran.

Apa alasannya? Profesi product designer atau programmer merupakan pekerjaan multitasking yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar dan lebih responsif sehingga membutuhkan spesifikasi laptop yang tentu saja lebih baik.

Tips Memilih Laptop untuk Kerja Sesuai Jenis Pekerjaan Terlengkap

Dirangkum dari ceklist.id dan beberapa sumber lainnya, berikut tips memilih laptop yang bagus untuk kerja dan bisa Anda jadikan sebagai panduan terbaik:

1.Pastikan Sistem Operasi Laptop Cocok dengan Jenis Pekerjaan

Tips memilih laptop yang bagus untuk kerja pertama ialah dengan memastikan terlebih dahulu sistem operasi laptop sesuai dengan jenis pekerjaan. Semakin kompleks dan multitasking jenis pekerjaan Anda, maka harus mempertimbangkan sistem operasi yang lebih canggih.

Berikut beberapa sistem operasi yang bisa dipertimbangkan agar tidak salah pilih merk laptop terbaik:

* Windows, dikenal sebagai sistem operasi yang populer dan fleksibel, namun disisi lain mempunyai tingkat kerawanan yang tinggi terhadap serangan digital.

* Mac OS, dikenal sebagai sistem operasi yang mempunyai nilai prestisius dan menawarkan tingkat keamanan yang baik, namun dari sisi harga memang lebih mahal dan hanya ditawarkan oleh Apple aja.

* Chrome OS, dikenal sebagai sistem operasi yang ringan saat digunakan, namun memiliki keterbatasan dan tidak bisa sembarangan di instal ke berbagai perangkat karena tidak support.

* Linux, dikenal sebagai sistem operasi paling dermawan karena bisa digunakan secara gratis, namun dari sisi tampilan tidak menarik dan kurang user friendly.

Kemudian, jika selama Anda bekerja harus mengakses aplikasi tertentu seperti contohnya Sketch yang hanya tersedia di Mac OS, maka Anda harus mempertimbangkan pembelian laptop keluaran Apple.

Jadi melakukan pertimbangan tool sebagai salah satu alat pendukung pekerjaan dalam proses memilih sistem operasi wajib dilakukan ya! Apabila sistem operasi tidak bisa mendukung pekerjaan Anda, tidak ada gunanya bukan?

2.Tentukan Terlebih Dahulu Tipe Laptop Sesuai dengan Jenis Pekerjaan

Pada umumnya, terdapat beberapa jenis laptop yang ditawarkan di pasaran. Berikut beberapa tipe laptop yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan pekerjaan:

* Laptop tipe entry level, merupakan tipe laptop yang ditawarkan dengan budget paling rendah, namun dari segi spesifikasi sangat minim. Laptop tipe ini sangat cocok untuk pekerja kantoran entry level.

* Laptop tipe premium, merupakan tipe laptop yang ditawarkan dengan budget mahal, namun dari segi spesifikasi memang mantap dan maksimal. Laptop tipe ini sangat cocok untuk pekerja profesional seperti designer, programmer dan lainnya.

* Laptop tipe 2 in 1, merupakan tipe laptop yang bisa digunakan dalam dua fungsi yakni laptop dan tablet.

* Laptop tipe bisnis, merupakan tipe laptop yang dibekali dengan fitur kamera canggih hingga fitur keamanan tambahan atau fitur premium tambahan lainnya untuk mendukung bisnis.

Dari masing–masing tipe laptop tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan masing – masing. Anda bisa memilih tipe laptop tersebut sesuai dengan jenis pekerjaan dan kebutuhan.

3.Pertimbangkan Mengenai Tingkat Ketahanan Baterai

Dalam proses pemilihan laptop untuk mendukung pekerjaan, mempertimbangkan daya ketahanan baterai sangatlah penting. Untuk pekerjaan yang bisa dilakukan dimana saja (berpindah – pindah), sebaiknya memilih jenis laptop dengan kapasitas baterai lebih besar.

Namun jika Anda lebih banyak kerja di tempat tertentu (di dalam ruangan) yang tersedia banyak colokan, memilih laptop dengan kapasitas baterai standar tidak menjadi masalah.

Dengan mempertimbangkan jenis pekerjaan dan ketahanan baterai pada laptop, pastinya resiko salah pilih laptop tidak akan terjadi.

4.Belajar Memahami Jenis Prosesor Pada Laptop

Memilih laptop tidak sebatas hanya memperhatikan tampilan luarnya saja. Mau tidak mau jika ingin mendapatkan laptop yang sesuai dengan pekerjaan, Anda harus mulai belajar mulai dari spesifikasi paling dasar hingga paling rumit.

Salah satu spesifikasi paling dasar seperti otak dari laptop itu sendiri yang dikenal sebagai prosesor atau CPU. Jenis prosesor yang ditanam pada laptop, mempunyai pengaruh yang sangat besar pada tingkat kecepatan dan performa masing – masing laptop.

Semakin baik jenis prosesor yang Anda pilih, tentu bisa membantu memudahkan pekerjaan karena menawarkan proses yang lebih cepat sehingga produktivitas kerja pun semakin meningkat.

Jika Anda tidak paham tentang jenis–jenis prosesor, carilah informasi tentang jenis prosesor terbaru saja sudah cukup. Secara umum, prosesor jenis terbaru dan paling update pasti menawarkan kualitas yang lebih handal.

Bagi Anda yang tidak membutuhkan berbagai jenis program berat untuk menunjang pekerjaan sehari–hari, memilih jenis laptop kelas menengah sudah lebih dari cukup.

5.Tentukan Standar Kebutuhan RAM

Setiap pekerjaan yang dilakukan menggunakan laptop, akan sering bertemu dengan berbagai aplikasi. Untuk menggunakan aplikasi tersebut, Anda juga akan sering buka tutup aplikasi. Pemilihan kebutuhan RAM yang tepat, akan mempengaruhi tingkat kecepatan selama proses buka tutup pada masing – masing aplikasi.

Jadi jika selama ini saat Anda buka tutup aplikasi terasa sangat lambat dan lemot, itu tandanya kapasitas RAM Anda sudah sangat terbatas atau hampir penuh. Cara satu–satunya adalah dengan mengurangi penyimpanan dan penggunaan aplikasi tambahan.

Nah, mulai sekarang saat hendak memilih laptop untuk menunjang pekerjaan, jangan lupa untuk mempertimbangkan kapasitas RAM pada masing – masing laptop yang sudah masuk daftar list teratas.

6.Pelajari Hardware Penyimpanan yang Disematkan

Setiap jenis laptop mempunyai kelas hardware penyimpanan sesuai levelnya. Untuk itu, penting bagi Anda untuk benar – benar mempertimbangkan jenis hardware yang disematkan pada laptop. Mengingat hardware mempunyai pengaruh yang sangat besar terhadap kecepatan.

Jenis hardware terbaru yang banyak disematkan pada laptop – laptop modern saat ini ialah SSD (Solid State Drive). Sedangkan untuk hardware pendahulunya adalah HDD (hard disk drive). Jadi selama memilih laptop, pastikan telah dibekali dengan SSD bukan HDD agar performanya lebih cepat.

Hanya saja, Anda juga harus mempertimbangkan budgetnya. Harga laptop yang sudah dibekali dengan hardware jenis SSD, biasanya akan ditawarkan dengan harga yang lebih mahal jika dibanding dengan HDD.

Contoh mudahnya sebagai gambaran seperti ini, dengan modal Rp 500 ribu, Anda sudah bisa mendapatkan HDD berkapasitas 1 TB. Sedangkan untuk membeli SSD dengan harga Rp 500 ribu, Anda hanya bisa mendapatkan SSD berkapasitas 512 GB saja.

7.Hitung Port yang Ditawarkan Pada Masing–Masing Laptop

Kebanyakan pekerjaan digital saat ini membutuhkan berbagai perangkat tambahan pendukung kerja laptop seperti hard disk eksternal, flashdisk, wireless mouse, wireless keyboard dan perangkat pendukung lainnya.

Untuk itu, memastikan port pada laptop yang hendak Anda pilih memiliki jumlah port yang banyak dan memadahi, tentu akan sangat berguna dan direkomendasikan.

Nah itulah beberapa tips memilih laptop yang bagus untuk kerja dari ceklist.id. Oh iya, setelah semua poin di atas terpenuhi, barulah Anda memilih tampilan luarnya. Semoga segera mendapatkan laptop paling sesuai dengan kebutuhan kerja ya!

Sumber: jawapos.com

Editor: Sianturi