SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sejak Mimika dinyatakan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio dengan penerimaan Surat Keputusan (SK) dari Menteri Kesehatan tertanggal 16 Mei 2024, Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika, Papua Tengah, saat ini sedang gencar-gencarnya menggelar Pekan Imunisasi Nasional (PIN) yang dimulai tanggal 27 Mei 2024.

Kepala Dinkes Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra menjelaskan, berdasarkan data yang dia peroleh hingga tanggal 28 Mei 2024, PIN Polio telah dilakukan bagi sekitar 700 anak dengan umur nol sampai 59 bulan.

“Untuk PIN Polio telah dilaksanakan di Puskesmas-Puskesmas, sampai kemarin itu saya dapatkan data sekitar 700 anak, namun ini akan terus bertambah karena akan dilakukan juga di sekolah-sekolah dengan umur 5-7 tahun,” ujarnya kepada salampapua.com, Rabu (29/5/2024).

Rey mengungkapkan, saat ini Dinkes sedang menyusun strategi untuk pelaksanaan PIN Polio ini hingga menjangkau ke wilayah Pegunungan dan Pesisir Mimika, sebab PIN Polio ini tidak eksklusif karena dalam ketentuannya harus dipadukan dengan program-program lainnya misalnya imunisasi dasar lengkap.

“Saya sudah tekankan pendekatan PIN Polio ini jangan hanya di Kota, namun ada potensi terbesar di wilayah Pegunungan dan Pesisir yang bisa saja terkena virus ini,” ungkapnya.

Menurutnya, di wilayah Kota Timika memiliki 300 Fasilitas Kesehatan (Faskes) yang cukup dan baik untuk melayani cakupan imunisasi bagi anak-anak namun di wilayah Pesisir dan Pegunungan tidak ada jaminan, sehingga saat ini pihaknya fokus bagaimana PIN Polio bisa mencakup wilayah tersebut.

“Di dalam Kota ada banyak sekali cakupan imunisasi, sehingga wilayah Pesisir dan Pegunungan menjadi concern kami hari ini, karena kalau Polio terjadi di Gunung apa yang harus kita lakukan?, makanya sekarang kita ubah strateginya,” tuturnya.

Dia pun mengimbau kepada masyarakat agar tidak takut dengan pelaksanaan imunisasi Polio ini, sebab imunisasi yang diberikan tersebut aman dan dapat saling melindungi satu sama lainnya.

“Yang kita takutkan jangan sampai ada kasus berikutnya, sehingga kami akan mendesain untuk bisa menggerakkan semua Faskes. Kalau 300 Faskes kita gerakkan maka kita bisa mengumpulkan perhari paling kurang sekitar 3 ribu PIN Polio. Nah ini micro planningnya dan harus kami targetkan perharinya berapa,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy