SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit pada Dinas Kesehatan Mimika, Obet Tekege, SKM MPH menegaskan, pertanggal 31 Mei 2024 ini, Pekan Imunisai Nasional (PIN) Polio yang dilakukan Dinkes Mimika telah mencapai 15 persen, di mana 8.338 anak telah mendapatkan imunisasi polio dari 55.570 anak.

“Kami terus melakukan koordinasi bersama semua pihak, mulai dari kelurahan hingga ke masyarakat langsung, dengan pendekatan dari rumah ke rumah, dari sekolah ke sekolah. Bahkan di Kwamki Narama masyarakat dengan penuh kesadaran mau menerima imunisasi polio ini,” ujarnya dalam jumpa pers yang dilakukan Dinkes di Waanal Cafe SP 3, Jumat (31/5/2024).

Namun yang masih menjadi permasalahan dalam capaian imunisasi polio ini, yaitu susahnya tim imunisasi mencakup wilayah pesisir dan pegunungan, sehingga pihaknya saat ini masih terus melakukan koordinasi bersama pihak di wilayah tersebut.

“Memang untuk wilayah pegunungan dan pesisir belum kami capai, namun kami sudah menjadwalkan pertemuan untuk 5 kepala Puskesmas wilayah Pegunungan, dan 11 Kapus wilayah Pesisir,” ungkapnya.

Selanjutnya, Kepala Dinkes Kabupaten Mimika Reynold Rizal Ubra meminta kepada semua pihak dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Mimika hingga masyarakat, untuk mendukung PIN Polio ini, sehingga status Kejadian Luar Biasa (KLB) Polio yang ditetapkan oleh Kementrian Kesehatan dapat menjadi antensi semua pihak.

“Kami berharap semua dapat berperan dalam imunisasi Polio ini, sebab berbicara kesehatan bukan hanya masalah untuk Dinkes dan semua pihak. Maka kedepannya kami akan melibatkan semua pihak, termaksud dengan program Pemkab Mimika yang akan membangun WC untuk setiap kepala keluarga,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi