SALAM PAPUA (TIMIKA) -  Senyum dan rasa bahagia tampak di wajah-wajah tim Serikat Pekerja dan Serikat Buruh saat acara penandatanganan kesepakatan hasil perundingan Kerja Bersama (PKB) periode 2024-2026 dengan management PT Pangansari Utama (PSU) Freeport Area, yang dilaksanakan di Jakarta, pada 22 Mei 2024 lalu.

“Rasanya plong sampai pada puncak acara penandatanganan hasil perundingan Kerja Bersama (PKB) setelah 6 hari berunding di Kota Kembang Bandung, Jawa Barat, untuk menyepakati berbagai aturan. Ini pertanda baik, management PT Pangansari dan Tim Serikat Pekerja serta Serikat Buruh menyepakati aturan dan ketentuan untuk dua tahun ke depan,” kata Wakil Ketua Pimpinan Unit Kerja Serikat Pekerja Kimia, Energi dan Pertambangan (PUK SP KEP) SPSI PT Pangansari Utama Freeport Area, Andi Wijaya.

Andi Wijaya mengaku pada awalnya banyak sekali perbedaan pandangan antara tim perunding Serikat Pekerja dan Serikat Buruh dengan Management PT Pangansari. Bahkan perundingan begitu alot untuk memutuskan pasal demi pasal perjanjian kerja bersama. Namun karena sikap dewasa para pihak yang berunding dengan mempertimbangkan kepentingan yang lebih besar untuk masa depan, kedua pihak akhirnya sepakat atas berbagai ketentuan dalam perjanjian kerja bersama ini.

“Kami semua melihat kepentingan bersama untuk masa depan, baik masa depan karyawan dan perusahaan. Ini yang mendasari kesepakatan tercapai, meski dalam perundingan, kami seringkali berdebat panjang sebelum memutuskan beberapa hal. Makanya saya selalu berucap syukur karena perundingan selesai dengan lancar dan menguntungkan semua pihak,” jelas Andi sambil tersenyum.

Sementara Sekretaris Umum PUK SP KEP SPSI PT Pangansari Utama Freeport Area, Farly Rotinsulu menambahkan, bagi Serikat Pekerja, cepatnya penyelesaian perundingan karena terjadinya kesadaran yang sangat baik dari masing-masing pihak dalam menghormati perbedaan pendapat serta semangat untuk meningkatkan kualitas pekerja sebagai anggota serikat. Karena itulah poin-poin penting yang diusulkan serikat dapat disepakati oleh Management PT Pangansari.

“Kami berterima kasih kepada Management PT Pangansari yang telah memberikan kesejahteraan cukup bagus bagi pekerja,” ujar Farly.

Farly menyebutkan, Direktur Human Capital PT Pangansari Group, Avi Pranantha dalam sambutannya pada acara penandatanganan hasil PKB berharap, apa yang telah disepakati akan ditaati dan menjadi landasan dalam menjalankan tugas. Kesepakatan ini dapat semakin menumbuhkan semangat kemitraan yang harmonis dan selalu menjaga kualitas pekerjaan dengan baik sehingga tetap dipercaya melayani PT Freeport Indonesia.

Dia mengatakan, karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja mengaku selama ini sangat nyaman dan senang bekerja di PT Pangansari Utama. Menurut mereka, management PT Pangansari sangat memperhatikan kesejahteraan karyawan dan kenyamanan karyawan dalam bekerja.

Untuk diketahui, Andi dan Farly adalah karyawan yang tergabung dalam Serikat Pekerja dan sudah puluhan tahun mengabdi sebagai karyawan PT Pangansari. Andi sendiri memulai karir sejak tahun 2003 dan Farly pada tahun 2006 hingga saat ini.

“Terima kasih Pangansari. Semoga perusahaan tetap jaya,” kata Andi dan Farly.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy