SALAM PAPUA (TIMIKA) - Umat Buddha di Timika menjalankan Ibadah Tri Suci Waisak 2568/2024M di Vihara Bodhi Mandala, Jalan Hasanuddin Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Kamis (23/5/2024).

Rangkaian ibadah diawali dengan puja bakti kemudian dilanjutkan dengan Pradaksina, Bakti Paritta Dhammadesana dan diakhiri meditasi.

Upasaka Pandita Kanta dhammo, Kartyadi mengharapkan dari peringatan Tri Suci Waisak ini, umat Buddha di Mimika bisa mengaplikasikan ajaran buddha dalam kehidupannya sehari-hari.

“Harapan kami selalu mengingatkan ummat Buddha untuk selalu meningkatkan keyakinan terhadap Tiratana Buddha, Dhamma, dan Sangha dalam hidup termasuk saat di perantauan,” ujarnya.

Menurutnya, bagi Ummat Buddha harus selalu menjadikan Dhamma sebagai pedoman dan landasan hidup dalam bersosial atau bergaul, Dhamma bagi Ummat Hinddu adalah jalan hidup yang dapat menentukan hidup dalam kebahagiaan dan keselamatan.

“Kami telah menginjakkan kaki dari tahun 1995 di tanah Amungsa ini (sebutan untuk Kabupaten Mimika, Red), tidak pernah ada permasalahan dan perselisihan antar Agama di Mimika, dan kami sangat merasakan itu. Toleransi ini dapat kita jaga demi tercapainya toleransi di Mimika,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Budhayana Indonesia di Kabupaten Mimika, Jemy Mulyono mengungkapkan, acara puncak perayaan Waisak di Timika akan dilakukan dengan diadakan Dharmasanti Waisak pada tanggal 31 Mei 2024 mendatang.

“Kami berharap semua Umat Buddha di Mimika apabila ada waktu mari bersama-sama ikut merayakan perayaan Waisak di Hotel Horison Diana 31 Mei, Pukul 18.00 WIT,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy