SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Ketua II DPRD Kabupaten Mimika, Yohanis Felix Helyanan mengimbau Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk lebih aktif dalam mengelola venue-venue bekas PON lalu.

“Kalau bisa diaktifkan kembali venue-venue itu, atau kalau tidak, bisa dikelola kembali, bisa kasih kepada pihak ketiga yang profesional dapat mengadakan event-event atau turnamen bagi setiap babang olahraga (Cabor),” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa, (4/6/2024).

Menurutnya, setiap event akan berdampak pada peningkatan ekonomi, apabila event tersebut dilakukan dalam skala provinsi dan nasional.

“Kalau misalnya digunakan untuk latihan Pra PON, kan bisa menambahkan pendapatan daerah. Paling tidak, atlet dari kabupaten lainkan bisa menyewa. Namun yang jelas memang harus dikelola dengan baik,” ungkapnya.

Atau pun venue dapat digunakan untuk umum dengan syarat, ada biaya bulanan yang dikenakan bagi pengguna, sehingga dana yang masuk dapat digunakan untuk perawatan venue.

“Yang jelas venue-venue harus digunakan sehingga tidak mangkrak, jangan sampai jadi gedung kosong. Kalau bisa dikelola dengan baik, bisa mendapatkan income yang besar,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi