SALAM PAPUA (TIMIKA) - Distrik Mimika Baru (Miru) menggelar sosialisasi gerakan masyarakat (Germas) hidup sehat dengan melibatkan puluhan kader Posyandu dari Kelurahan dan Kampung se-Distrik Miru, yang berlangsung di Hall Room Hotel Kanguru Timika, Rabu (12/6/2024).

Kepala Distrik Miru, Joel D. Luhukay melalui Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan Lukas Sinmiasa menjelaskan, sosialisasi Germas hidup sehat ini perlu dilakukan untuk memberikan pemahaman tentang hidup yang sehat dan diharapkan masing-masing kader dapat memahami mewujudkannya.

“Narasumbernya tadi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Mimika. Kami berharap materi yang didapatkan bisa dipraktikkan,” ujarnya.

Ia menjelaskan, dalam sosialisasi ini menghadirkan perwakilan kader Posyandu dari Kelurahan dan kampung se-Distrik Miru, serta setiap Posyandu diwakili dua Kader.

“Yang hadir hanya perwakilan Kader saja, kita berharap usai mengikuti sosialisasi ini mereka bisa berbagai ilmu dengan kader yang lain,” ungkapnya usai menutup kegiatan.

Sementara itu, Kepala Seksi Kesehatan Keluarga Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Nelly Pangaribuan saat membawakan materi mengatakan Germas adalah promosi kesehatan yang wajib dikampanyekan.

Sosialisasi dapat diwujudkan dengan indikator-indikator, seperti aktivitas fisik selama 30 menit dalam sehari, mengonsumsi buah dan sayur-sayuran, serta pemeriksaan kesehatan 6 bulan sekali.

“Germas ada di semua tahapan kehidupan kita, baik diri sendiri, keluarga, maupun masyarakat luas, maka Germas Hidup Sehat harus diterapkan,” tuturnya.

Saat ini banyak hal yang sudah diterapkan Pemerintah Kabupaten Mimika dalam mendukung Germas, salah satunya soal kawasan bebas rokok, makanan sehat bagi anak-anak Posyandu dan masih banyak lagi.

“Germas diawali dari keluarga, Kelurahan, Distrik hingga skala Kabupaten karena hidup sehat harus dimulai dari individu, barulah masyarakat luas,“ pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy