SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua Tengah menyerahkan bantuan hewan kurban berupa sapi jenis limosin seberat 650 kg dari Presiden Republik Indonesia, H Ir Joko Widodo kepada masyarakat di Nabire, Provinsi Papua Tengah, Senin (17/6/2024).

Selain itu juga, Pj Gubernur Papua Tengah Dr. Ribka Haluk, SSos MM dan Pj Sekda Provinsi Papua Tengah, juga memberikan beberapa ekor hewan kurban berupa sapi kepada masyarakat Nabire untuk disembelih di halaman Masjid Al Hidayah Grimulyo.

Pj Gubernur Papua Tengah Dr Ribka Haluk mengatakan, sebagai orang yang beriman Hari Raya Idul Adha yang dirayakan hari ini merupakan salah satu hari besar dalam kalender muslim, yang memiliki makna bagi umat muslim di dunia, termasuk di Indonesia.

“Perayaan ini tidak hanya menjadi momen untuk memperingati ketaatan dan pengorbanan, tetapi juga menekankan nilai-nilai penting seperti pengorbanan, aman dan kebersamaan dalam komunitas,” ujarnya.

Ribka Haluk mengharapkan bantuan hewan kurban ini bisa bermanfaat. Ia menilai, Tuhan tidak melihat persembahan daging kurban, melainkan melihat dari keikhlasan dari manusia dalam memberikan qurban.

“Hari Raya Idul Adha ini merupakan moment keihklasan yang harus kita pertahankan bahkan ditingkatkan, tergantung nilai-nilai kemanusiaan untuk mencintai sesama, saling menolong dan saling berbagi untuk menjalin keharmonisan. Sehingga tertanam kasih sayang, dalam ikatan batin diantara masyarakat khususnya di wilayah Kabupaten Nabire dan masyarakat diwilayah kita lingkup Provinsi Papua Tengah,” tuturnya.

Ribka Haluk menjelaskan adapu hewan kurban yang diserahkan Presiden RI dan Pemprov Papua Tengah, merupakan hewan sapi yang berasal dari peternak di Kabupaten Nabire, yang sudah menjalani proses seleksi.

“Sapi jenis limosin ini sebelumnya sudah menjalani proses pemeriksaan hewan. Dokter hewan telah memastikan hewan-hewan kurban ini bebas dari penyakit kulit dan kuku termasuk penyakit menular,” jelasnya.

Sementara itu, Ketua DKM AL-Hidayah, Ustadz M Sulaiman mengatakan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi Papua Tengah atas perhatiannya.

“Semoga bapak dan ibu mendapatkan keberkahan dari Allah SWT. Kami mewakili masjid mengucapkan terima kasih,” ujarnya.

Ia mengucapkan permohonan maaf, apabila ada kekurangan dalam penyambutan tim yang di utus untuk menyerahkan hewan kurban dari Presiden RI, dan juga Pemerintah Provinsi Papua Tengah.

“Kami sangat bersyukur atas bantuan yang diberikan Presiden RI dan Pj Gubernur,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi