SALAM PAPUA (TIMIKA) - Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Kabupaten Mimika telah masuk pada putaran kedua, di mana untuk cakupan imunisasi polio putaran pertama telah mencapai 52,5 persen. Hal itu dikatakan Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika, Fransiska Tekege, ST saat ditemui Salampapua.com.

“Putaran pertama kita capai 52,5 persen, selanjutnya kita masuk pada putaran kedua,” ujarnya saat mengikuti kegiatan di Hotel Horison Ultima, Jumat (21/6/2024).

Ia menjelaskan, capaian pada putaran pertama di 52,5 persen ini, merupakan capaian paling tinggi se-Provinsi Papua, sehingga pihaknya terus melakukan cakupan PIN imunisasi ini.

“Untuk putaran kedua telah jalan perhari ini capaian imunisasi polio putaran kedua sudah mencapai 5 persen, dan semua petugas kesehatan telah jalan. Bahkan dari Puskesmas hingga dari rumah ke rumah telah kita lakukan,” jelasnya.

Ia menambahkan, kendala yang dialami petugas lapangan pada saat ini yaitu adanya penolakan dari orang tua yang memiliki balita, namun pihaknya tetap melakukan pendekatan yang intensif kepada semua masyarakat sehingga PIN Polio ini dapat berjalan.

“Awal-awal PIN Polio berjalan dengan baik, namun akhir-akhir ini masyarakat mulai menolak untuk imunisasi. Tapi tetap kita lakukan pendekatan sehingga PIN Polio dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi