SALAM PAPUA (TIMIKA) - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) bentuk Pokja di Kwamki Narama, masyarakat mengucapkan terimakasih karena dipercayakan melakukan program sendiri.

Pembentukan Pokja ini untuk masyarakat Amungme di wilayah Kwamki Narama, yang nantinya akan menjalankan beberapa pekerjaan yang melibatkan semua masyarakat setempat dengan pemberian anggaran dari YPMAK. Pembentukan dilakukan di Kampung Olaroa, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Jumat, (28/6/2024).

Program yang dilakukan Pokja yaitu Program Pemberdayaan Masyarakat, program ini adalah untuk upaya mengembangkan kemandirian dan kesejahteraan masyarakat dengan meningkatkan pengetahuan, sikap, keterampilan, perilaku dan kemampuan masyarakat setempat.

Sekretaris YPMAK, Johana J Saidui yang juga sebagai Ketua Tim Pengelola Program Kampung (TP2K) wilayah Dataran Tinggi Melalui Admin Sekretaris YPMAK, Robertho Kailey mengatakan, YPMAK hari ini melakukan pembentukan Pokja bagi masyarakat Amungme di wilayah Kwamki Narama.

Pembentukan ini dilakukan agar masyarakat dapat menjalankan Program Pemberdayaan Masyarakat sehingga nantinya mereka bersama-sama menjalankan program yang ditentukan bersama.

“Hari ini kita bentuk Pokja di wilayah Kwamki Narama, sehingga mereka juga bisa melakukan program mereka sendiri,” ujarnya.

Ia berharap setelah pembentukan ini, Pokja bisa bekerja sesuai dengan ketentuan YPMAK, sehingga kedepannya program bisa berjalan, dan salah satu ketentuannya yaitu adanya pertanggungjawaban atas program yang diberikan.

“Kalau anggaran telah turun saya harap Pokja bisa melakukan perekapan program dengan anggarannya, sehingga kedepannya program bisa jalan dengan baik,” harapnya.

Tokoh Masyarakat Amungme, Yohannes Beanal mengucapkan terimakasih kepada YPMAK yang telah memberikan perhatian khusus bagi masyarakat Amungme di wilayah Kwamki Narama, yang menurutnya selama ini tidak ada pihak dari manapun yang memperhatikan daerah tersebut.

Selanjutnya, Tokoh Masyarakat Amungme lainnya, Yohanis Amisim menjelaskan, bertahun-tahun masyarakat Amungme tinggal di wilayah Kwamki Narama namun tidak pernah merasakan adanya program yang menyentuh mereka. Ia menjelaskan ada lebih dari 200 Kepala Keluarga (KK) masyarakat Amungme yang tinggal di wilayah Kwamki Narama.

“Kami sangat berterimakasih kepada Pimpinan YPMAK yang telah memberikan kesempatan yang sangat besar kepada masyarakat disini, selanjutnya kami akan melakukan program sesuai dengan ketentuan yang diberikan YPMAK,” ungkapnya.

Perlu diketahui Pokja terbentuk dengan terpilih Ketua Yohanis Amisim, Sekretaris Maxi Dolame dan Bendahara atas nama Melau Mulugol.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi