SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kapal LCT Cita XX yang berangkat sejak tanggal 18 Juli 2024 dari Pelabuhan Poumako, Kabupaten Mimika, menuju Yahukimo dikabarkan hilang kontak.

Kapal tersebut berpenumpang 12 orang dan hingga saat ini belum diketahui keberadaannya.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Timika, I Wayan Suyatna mengatakan, telah menerima laporan tersebut pada 19 Juli 2024 dari seorang warga atas nama Ezra Muklis. Pihaknya langsung meneruskan informasi ke instansi terkait dan kapal-kapal yang sering melalui jalur yang direncanakan dilalui kapal Cita XX. Namun hingga Sabtu siang tidak ada satupun informasi yang diterima terkait kapal tersebut.

"Akhirnya Sabtu, 20 Juli 2024, kami berangkatkan tim SAR gabungan menggunakan RIB Basarnas dari Pos Pencarian dan Pertolongan Asmat untuk melakukan pencarian di rute yang direncanakan dilalui kapal LCT Cita XX, namun hingga sore hari pukul 18.00 WIT pencarian belum juga membuahkan hasil," ungkap Suyatna, Minggu (21/7/2024).

Meski demikian, tim SAR gabungan kembali melanjutkan pencarian Kapal LCT Cita XX di lokasi yang dicurigai menjadi tempat persinggahan kapal tersebut.

"Hingga saat ini tim SAR gabungan masih melakukan pencarian," tutupnya.

Adapun identitas 12 penumpang kapal tersebut, yakni Junaidi (Nahkoda), Dedi Irawan, M Arif Efendi, Haikal, Agiera (Koki), Nimrot, Lukman Hakim, Samsuddin, Asmoro, Suherman, dan Alhakim.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy