SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sebanyak 41 orang dinyatakan lolos, dalam proses seleksi administrasi calon pengurus Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) periode 2024-2029.

Untuk lebih lengkapnya peserta yang lolos seleksi administrasi bisa mengunjungi https://www.ypmak.or.id/2024/07/05/daftar-nama-lolos-seleksi-tahap-administrasi-seleksi-pengurus-ypmak-periode-2024-2029/.

Tim Panitia Seleksi (Pansel) Pengurus YPMAK Periode 2024-2029 perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, Anace Hombore mengatakan, ada 79 orang yang mendaftar dan memasukkan berkas sebagai calon pengurus YPMAK periode 2024-2029. Namun setelah dilakukan pemeriksaan berkas, maka yang lolos seleksi administrasi sebanyak 41 orang.

“Hingga batas waktu yang ditentukan pada tanggal 2 Juni 2024 pukul 23:59 WIT lalu, ada 79 orang yang mendaftar. Namun yang lolos hanya 41 orang,” ujarnya saat dihubungi, Kamis (5/7/2024).

Menurutnya, 38 orang yang tidak lolos dikarenakan ketidaklengkapan berkas yang dimaksudkan. Seperti melamar menjadi ketua atau direktur, dengan minimal pendidikan S-1. Kalaupun tidak S-1, maka harus berpengalaman minimal 15 tahun memimpin di sebuah organisasi.

“38 orang pelamar yang tidak memenuhi syarat yang ditentukan oleh Pansel, sehingga mereka dinyatakan gugur administrasi,” ungkapnya.

Anace menjelakan, dari hasil seleksi administrasi, peserta yang lolos akan mengikuti seleksi potensi. Di mana peserta akan mengikuti ujian tertulis, yang didalamnya ada pertanyaan tentang pengetahuan umum dan lainnya. Untuk kelengkapan yang harus dibawa, yaitu kartu tanda penduduk sebagai bukti identitas, dan juga laptop serta kelengkapannya sebagai instrumen tes.

"Untuk pelaksanaan seleksi potensi atau tes tertulis dilaksanakan, pada tanggal 9 Juli 2024 di MPCC, Jalan Agape, yang dimulai pukul 08.30 WIT," jelasnya.

Setelah tes potensi sambungnya, akan dilihat siapa saja yang lolos. Peserta yang lolos tes potensi atau tertulis, maka akan dilanjutkan dengan tes wawancara. Dan dari tes wawancara akan diambil 3 terbesar untuk masing-masing jabatan (Ketua/Direktur, Wakil Ketua I dan Wakil Ketua II, serta Sekretaris).

"Jadi nanti akan ada 12 peserta yang lolos, kemudian akan diserahkan kepada pembina YPMAK untuk diputuskan siapa yang terpilih ketua atau direktur, wakil ketua I dan II, serta sekretaris. Target waktu pengurus YPMAK periode 2024-2029 sampai Agustus 2024 nanti," pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi