SALAM PAPUA (JAYAPURA)- Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, SIK MH, memimpin upacara serah terima jabatan Pejabat Utama (PJU) Polda Papua dan 11 Kapolres jajaran Polda Papua yang berlangsung di Lapangan Apel Polda Papua Baru, Kampung Koya Koso, Rabu (10/7/2024).

Upacara tersebut turut dihadiri oleh Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Eva Mathius D. Fakhiri, Wakil Ketua Bhayangkari Daerah Papua, Ny. Nova Patrige Renwarin, serta para pejabat utama Polda Papua. Kapolresta Jayapura Kota, Kombes Pol. Dr. Victor Dean Mackbon, S.H., S.IK., M.H., M.Si, juga hadir bersama para perwira, brigadir, tamtama, pegawai negeri sipil Polri Polda Papua, dan Bhayangkari Daerah Papua.

Dalam acara serah terima tersebut, beberapa jabatan penting yang diserahterimakan antara lain: Kabidkeu Polda Papua dari Kombes Pol Singgih Rachmanto, S.I.K. kepada AKBP Irawan Banuaji, S.I.K., M.Si. Kemudian Kapolres Merauke dari AKBP I Ketur Suarnaya, S.I.K., M.H kepada AKBP Leonardo Yoga, S.I.K., M.M.

Kapolres Paniai dari AKBP Abdus Syukur Felani, S.I.K. kepada Kompol Deddy Agusthinus Puhiri, A.Md., S.I.K. Kapolres Intan Jaya dari AKBP Afrizal Asri, S.I.K. kepada Kompol Dr. Subekti Wibowo, S.H., M.Si.

Kapolres Mimika dari AKBP I Gede Putra, S.H., S.I.K., M.H. kepada AKBP I Komang Budiarta, S.I.K. Kapolres Boven Digoel dari AKBP I Komang Budiarta, S.I.K. kepada AKBP Wisnu Perdana Putra, S.H., S.I.K., CPHR.

Kapolres Jayapura dari AKBP Fredrickus Williamson Agusthinus Maclarimboen, S.I.K., M.H. kepada AKBP Umar Nasatekay, S.I.K. Kapolres Lanny Jaya dari AKBP Umar Nasatekay, S.I.K. kepada Kompol Nur Salam Saka, S.Pd., M.M.

Kapolres Biak Numfor dari AKBP Damianus Dedy Susanto, S.H., S.I.K., M.H. kepada AKBP Ari Trestiawan, S.H., S.I.K., M.H. Kapolres Kep. Yapen dari AKBP Herzoni Saragih, S.I.K., M.H. kepada Kompol Ardyan Ukie Hercahyo, S.I.K., M.I.K.

Kapolres Peg. Bintang dari AKBP Mohamad Dafi Bastomi, S.H., S.I.K., M.I.K. kepada AKBP Anto Seven, S.I.K., M.H. Kapolres Sarmi dari AKBP Timur Santoso, S.I.K., M.A.P. kepada Kompol Suparmin, S.I.P., M.H.

Upacara serah terima jabatan ini merupakan tindak lanjut dari Keputusan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor Kep/1002 dan 1004/IV/2024 tanggal 25 Juni 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan Polri, khususnya Polda Papua.

Diharapkan, mutasi ini dapat membawa inovasi dan semangat baru dalam menjalankan roda organisasi, guna menghadapi tantangan tugas yang dinamis di wilayah hukum Polda Papua.

Kapolda Papua, Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, menyampaikan bahwa pergantian jabatan ini, merupakan bagian dari upaya peningkatan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat.

"Mutasi ini diharapkan mampu membawa inovasi dalam organisasi, serta meningkatkan pelayanan kepolisian di wilayah Papua," ujarnya.

Para pejabat baru diharapkan dapat segera beradaptasi dan melanjutkan program kerja yang telah direncanakan, serta menjalin koordinasi yang baik dengan seluruh elemen masyarakat dan pemerintah daerah, demi terciptanya keamanan dan ketertiban di wilayah tugas masing-masing. (Humas Polda Papua)

Editor: Sianturi