SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (LEMASA) telah mengantongi nama-nama putra dan putri terbaik dari suku Amungme yang akan duduk di bangku Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) jalur Otsus, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten.

Ketua LEMASA Stingal Jhonny Beanal mengatakan, LEMASA sudah siap untuk ikut serta dimana LEMASA telah menyiapkan nama-nama yang nantinya akan diberikan kepada Tim Seleksi (Temsel).

“Kami sudah pegang beberapa nama tetapi karena Lembaga belum duduk bersama dengan Timsel dan juga Kesbangpol Mimika, sehingga tidak bisa kami sampaikan ke publik. Intinya kami LEMASA siap mendukung putra dan putri Amungme terbaik untuk duduk di bangku DPRD jalur Otsus,” ujarnya, Kamis (11/7/2024).

Menurut Stingal, mereka yang akan diusung LEMASA adalah yang memiliki karakter  jujur, bertangung jawab dan siap, sehingga saat duduk di DPRD, mereka dapat memperjuangkan aspirasi masyarakat OAP, terlebih khusus suku Amungme.

“Kami pun berterima kasih kepada Pemerintah yang sudah memberikan kepercayaan kepada masyarakat OAP dengan memberikan kouta kursi di DPRD jalur Otsus,” ucapnya.

Stingal juga mengklaim bahwa LEMASA yang dipimpinnya berhak dan sah untuk mengeluarkan surat rekomendasi bagi calon-calon yang ingin maju untuk duduk sebagai anggota DPRD.

Sebab Kata dia, LEMASA yang dipimpinnya sudah memiliki kekuatan hukum tetap berdasakan SK Kemenkumham.

“LEMASA ini memiliki kekuatan hukum kuat dan sudah terdaftar pada lembaran negara melalui Kementerian Hukum dan HAM, jadi sah saya memberikan rekomendasi,” pungkasnya.

Sementara itu,Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Mimika, Yan Selamat Purba mengatakan, Lembaga yang menerima Surat Keputusan Pengesahan Kelembagaan Adat dari Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia (Kemenkumham RI) yang berhak memberikan rekomendasi nama calon DPRD jalur Otsus.

“Jadi jelas Lembaga yang diakui oleh Negara sesuai rekomendasi dari Kemenkumham yang dapat memberikan rekomendasi nama untuk DPRD, dan nantinya Lembaga hanya memberikan rekomendasi nama kepada Timsel, selanjutnya Timsel yang menyeleksi,” ujar Yan saat dihubungi salampapua.com melalui sambungan telepon.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy