SALAM PAPUA (TIMIKA) - Melewati Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS), ratusan siswa baru SMAN 7 Mimika diberikan pembekalan "Bela Negara" dan tertib berlalulintas oleh Polsek Mimika Baru (Miru), bertempat di aula SMAN 7, Rabu (17/7/2024).

Kanit Binmas Polsek Miru, Iptu I Made Aribawa mengungkapkan, Bela Negara adalah hal penting yang wajib dilakukan oleh seluruh warga Indonesia, khususnya siswa baru di semua tingkatan sekolah.

"Pembekalan ini penting diberikan kepada siswa-siswi baru sebagai fondasi dalam pergaulan mereka di lingkungan sekolah ataupun dalam kehidupan sosial," kata Iptu I Made Aribawa usai memberikan materi bela negara.

Salah satu bentuk usaha bela negara yang dapat dilakukan peserta didik adalah mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, seperti meningkatkan kedisiplinan sebagai siswa dengan giat belajar.

Seluruh siswa diingatkan agar terus meningkatkan dan menanamkan jiwa kedisiplinan dalam diri masing-masing, sehingga ke depannya menjadi pribadi yang baik dan bisa dibanggakan sebagai generasi penerus bangsa.

"Para siswa harus memulai dan menanamkan jiwa disiplin mulai sekarang agar ke depannya bisa menjadi manusia yang berguna dan bisa dibanggakan dengan meningkatkan budaya belajar," jelasnya.

Para siswa juga diminta untuk menghindari pergaulan bebas dan hal-hal yang dapat merusak diri, seperti minum minuman keras, menghisap lem Aibon maupun memakai narkoba dan zat adiktif lainnya.

Selain materi bela negara, Polsek Miru juga memberikan materi tentang tertib berlalu lintas, yang dimulai dari etika dan tatacara berlalulintas yang baik, kewajiban yang harus dipenuhi pengemudi saat berkendaraan, menghormati hak pengguna jalan yang lain, ketentuan pidana tentang lalu lintas dan angkutan jalan yang diatur dalam undang-undang No.22 Tahun 2009.

"Materi itu disampaikan supaya para siswa dapat memahami dan mempedomani peraturan hukum yang berlaku dalam berlalulintas. Dengan begitu, para siswa ini terhindar dari hal-hal yang dapat merugikan kepentingan bersama," katanya.

Sementara Kapolsek Mimika Baru AKP J Limbong mengatakan, pembekalan bagi siswa-siswi baru tersebut berdasarkan permintaan dari pihak SMAN 07 Mimika.

“Diharapkan dengan pembekalan dimaksud bisa memberikan pandangan dan gambaran kepada para siswa baru dalam berdisiplin serta menjaga etika sehingga ke depannya dapat diterapkan dalam tatanan kehidupan bermasyarakat,” tuturnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy