SALAM PAPUA (TIMIKA) – Guna menindaklanjuti keputusan Pembina Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK), yang telah memutuskan susunan pengurus terpilih YPMAK periode 2024-2029, maka tahapan berikutnya para pengurus terpilih akan menjalani proses training selama 3 bulan.

Masa training bagi para pengurus terpilih ini, diawali dengan melakukan Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) sementara untuk melakukan pelatihan, pemagangan dan induksi. PKS dilaksanakan di Rimba Papua Hotel (RPH), Jumat (6/9/2024) malam.

Ketua Pembina YPMAK, Engel Enoc mengatakan, setelah proses penetapan pengurus terpilih, maka selanjutnya dilakukan kontrak atau PKS sementara. Di mana semua pengurus terpilih akan melakukan training.

“Training akan dilaksanakan selama 3 bulan dan jelas training ini sangat penting dilakukan. Sebab dalam training, akan diajarkan semua hal mulai dari komunikasi, kepemimpinan hingga urusan finansial,” ujarnya.

Dirinya berharap, kepada pengurus yang baru dapat mengelola YPMAK dengan baik, sehingga isu-isu pembangunan kapasitas bisa berjalan sesuai dengan aturan yang ditetapkan. Permasalahan yang lama bisa diperbaiki, sehingga aturan dapat berjalan sesuai penerapan Standar Operasional Prosedur (SOP) YPMAK.

“Perlu adanya kolaborasi yang baik. Kami mengharapkan pengurus baru mempunyai kemandirian. Karena kami (Pembina) tidak mungkin selalu ikut campur di dalam YPMAK. Belajar dari pengurus yang lalu, dimana ketua dan wakil berjalan sendiri, maka karyawan akan jalan sendiri. Kita berharap memiliki leadership yang kuat, sehingga pimpinan menjadi contoh bagi karyawan,” harapnya.

Selanjutnya, pembina perwakilan dari Lembaga Musyawarah Adat Suku Amungme (Lemasa), Jhon Tsingnal Beanal berharap, pengurus baru bisa hadir bersama masyarakat Mimika, dapat benahi hal-hal yang selama ini kurang dilakukan oleh pengurus yang lama.

“Saya yakin Pak Direktur yang baru bisa menjalankan amanah masyarakat melalui YPMAK, sehingga semua masyarakat Amungme dan Kamoro, bisa merasakan keberadaan pimpinan YPMAK yang ada untuk kepentingan masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Anggota Pembina YPMAK, Kerry Yarangga berharap, 5 tahun kepengurusan nantinya bisa berjalan lancar dan baik. Dan terus kompak bersama Pembina YPMAK.

“Saya harap kepengurusan ini berjalan baik. Dan selalu kompak bersama Pembina, jangan lupa untuk semua pengurus baru, yang akan mengikuti training selama 3 bulan ini bisa membangun chemistry, sehingga dalam kepengurusan dapat berjalan bersama,” ungkap Kerry.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi