SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kelompok Kerja (Pokja) binaan Yayasan Pengembangan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) Kampung Fakafuku, Distrik Agimuga pada tahun 2023 telah menerima dana Program Kampung Rp 300 juta.

Ketua Pokja 2023, Bonevasius Tafama menjelaskan, dana Program Kampung telah digunakan untuk melakukan beberapa program. Yaitu pembangunan jembatan, gorong-gorong dan menimbun jalan.

“Sesuai kesepakatan bersama kita melakukan beberapa pekerjaan, dari membangun jembatan di Jalan perbatasan Fakafuku ke Kampung Mafasimamo, kemudian ada gorong-gorong dan penimbunan jalan,” ujarnya saat tim YPMAK melakukan monitoring pekerjaan Pokja di Kampung Fakafuku, Selasa (17/9/2024) .

Bonevasius mengungkapkan, bukan hanya jalan yang diperhatikan, namun juga perkembangan ekonomi di Kampung Fakafuku, juga telah dilakukan dengan membangun kios kampung dan perbaikan pasar.

“Kita sudah bangun kios kampung namun belum selesai. Perbaikan pasar juga belum selesai dibangun, karena kurang bahan bangunan, namun untuk isinya sudah kita beli seperti freezer dan lainnya,” jelasnya.

Lanjut Bone, juga membeli bibit untuk 30 Kepala Keluarga (KK), namun belum ia bagikan karena saat ini belum musim menanam dan masyarakat masih menyiapkan lahannya.

Lebih lanjut, Kepala Kampung Fakafuku Beni Motatia mengatakan, Kampung sangat menerima YPMAK yang telah membawakan Program Kampung masuk di Fakafuku, sehingga program Pokja 2023 saat ini bisa berjalan.

“Pokja ini sangat membantu kita di Kampung, jadi Pemerintah Kampung bersama Pokja YPMAK bisa berjalan bersama-sama, apa yang kurang di Kampung kita selesaikan bersama,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi