SALAM PAPUA (TIMIKA) - Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Mimika, Aleks Tsenawatme menyayangkan adanya komentar negatif dari satu anggota DPRD. Politikus Partai NasDem itu menilai perkataan salah satu anggotanya yang mengatakan bahwa Pj Bupati Mimika Valentinus Sudarjanto Sumito, ditempatkan untuk memenangkan salah satu Paslon, dianggap sangat tidak pantas diucapkan oleh wakil rakyat.

“Saya sangat menyangkan anggota saya berbicara seperti itu, tidak boleh ada tuduhan seperti itu. Semua kewenangan pengisian Pj Bupati merupakan wewenang Kemendagri atau Pemerintah Pusat, dan pemilihan Pj merupakan hal biasa untuk menutupi kekosongan pemimpin di Mimika,” ujarnya saat menghubungi Salampapua.com, Selasa (10/9/2024).

Ia menjelaskan, Mimika merupakan daerah nusantara dan mini metropolitan, sehingga pusat memilih Pj di Mimika dengan melalui beberapa pertimbangan, dan dianggap Pj Valentinus yang pantas memimpin di Mimika.

“Ini bukan karena kepentingan siapa pun, atau pun hal-hal lain. Namun Pusat pasti menilai dengan beberapa karekter, dan ibu Pj Gubernur juga sudah menyatakan bahwa Pemerintahan Mimika kurang sehat, sehingga Valentinus dianggap mampu menyelesaikan dinamika di Mimika,“ ungkapnya.

Menurutnya, perkataan yang dipublis oleh anggotanya dapat menimbulkan asumsi dan opini, yang akan berkembang negatif di kalangan masyarakat dan juga dapat menimbulkan keresahan masyarakat Mimika.

“Saya berharap masyarakat tidak termakan oleh opini-opini yang negative. Kita semua tahu bahwa Pj Bupati Mimika ini mengurus Otonomi Khusus, sehingga beliau benar-benar profesional yang mempunyai pengalaman mengatur birokrasi,” pungkasnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi