SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Distrik Mimika Timur Jauh, Yulius Katagame mengungkapkan saat ini tiga Kampung di wilayahnya sangat membutuhkan fasilitas pembangkit listrik dan tahun 2024 ini Pemerintah Pusat menjawab kebutuhan 3 Kampung di Distrik Mimika Timur Jauh dalam bantuan program Papua Terang.

“Di Distrik Mimika Timur Jauh terdapat empat Kampung, satu Kampung telah diberikan bantuan Papua Terang pada tahun 2023 yaitu Kampung Amamapare, namun tiga Kampung lainnya baru akan diberikan di tahun 2024 ini. Pembangkit listrik ini sangat menjadi prioritas kebutuhan ketiga Kampung di Distrik Mimika Timur Jauh,” ujarnya saat melakukan rapat koordinasi bersama bagian Perencanaan PLN UP2D Papua Tengah, di Hotel Swiss-Bellin Timika, Rabu (20/3/2024).

Yulius menjelaskan, tiga Kampung yang menerima bantuan tersebut adalah Kampung Omawita, Kampung Fanamo dan Kampung Ohotya, sementara bantuan program Papua Terang tersebut sudah masuk tahapan survei lokasi, dimana pihak PLN akan melakukan pengukuran jarak, perhitungan kabel, tiang listik, kemudian melakukan sosialisasi kepada masyarakat dan masyarakat akan memberikan tanah untuk lokasi pembangkit listrik.

“Sehingga kami akan segera bergeser ke Distrik Mimika Timur Jauh dan melakukan survei di sana. Program ini memang dari Pemerintah Pusat namun melalui Pemerintah Daerah sesuai Visi-Misi Bupati yakni tahun 2024 Mimika terang, dan ini terealisasi,” jelasnya.

Menurut dia, program ini telah diusulkan dari tahun 2021 namun selalu tertunda dan dijawab pada tahun 2024 untuk bantuan pembangkit listrik tenaga surya.

“Jadi pembangkit listrik ini menggunakan tenaga surya. Kami berharap semua tahapan dapat berjalan dengan baik, sehingga masyarakat dapat menikmati listrik gratis,” harapnya.

Sementara Supervisior Perencanaan PLN UP2D Papua Tengah, Maikael Abimanyu menjelaskan, program Papua Terang ini merupakan program dari Pemerintah Pusat melalui Pemerintah Daerah dan turun ke PLN Papua Tengah melalui penyertaan modal Negara.

“Program ini menunjuk PLN Papua Tengah untuk menyusuri Kampung dan Desa yang tidak memiliki fasilitas pembangkit listrik dan saat ini kita fokuskan ke Distrik Mimika Timur Jauh,” ujarnya.

Program ini telah dilakukan dari tahun 2023 di Kampung Amamapare, Kabupaten Dogiyai, Kabupaten Deiyai dan Kabupaten Paniai.

“Tahun lalu setelah fokus pada 3 Kabupaten lainnya, kami hanya memiliki sedikit waktu sehingga kami hanya menyelesaikan 1 Kampung di Kabupaten Mimika,” tuturnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy