SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kabupaten Mimika menggelar sosialisasi kepada anak-anak, tepatnya kepada siswa-siswi SMP Negeri 5 Mimika, Senin (22/5/2023).

Kepala DP3AP2KB Kabupaten Mimika, Hermalina W. Imbiri mengungkapkan bahwa sosialisasi tersebut dilakukan karena angka kekerasan pada anak di Kabupaten Mimika meningkat.

“Kita adakan sosialisasi ini dikarenakan kasus kekerasan pada anak meningkat. Dari 18 kasus, delapan anak mengalami kekerasan seksual, sedangkan selebihnya mengalami kekerasan fisik, traficking, penelantaran anak, dan juga 1 anak sedang berhadapan dengan hukum karena narkoba,” ujarnya usai sosialisasi di SMP Negeri 5, Senin (22/5/2023).

Hermalina mengatakan, untuk semua kasus yang diterima, DP3AP2KB terus melakukan pendampingan, terutama kepada anak yang mengalami kasus kekerasan seksual, dalam melangsungkan pendampingan DP3AP2KB  bekerja sama juga dengan pihak kepolisian, RSUD dan juga psikiater, untuk pemulihan mental anak.

“Pendampingan Ini kita lakukan untuk mengembalikan kepercayaan diri anak, bahkan kasus terbaru pelecehan yang kami dampingi saat ini masih dalam proses visum,” jelasnya.

Untuk itu Hermalina berpesan agar para orang tua dapat berperan sebagai partner anak, agar saat anak mengalami kekerasan, anak tersebut tidak sungkan untuk menyampaikan hal tersebut.

“Sangatlah penting jika semua pihak, baik di lintas pemerintah maupun masyarakat dapat memperhatikan kebutuhan anak sehingga mereka tidak terjerumus ke dalam tindak kejahatan yang sama. Perlu diperhatikan pentingnya kebutuhan dasar, pengasuhan memberikan kasih sayang kelekatan sehingga anak merasa diterima dan dapat berbaur dengan masyarakat lainnya, inilah pentingnya sosialisasi ini,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy