SALAM PAPUA (TIMIKA) - Dalam rangka mempererat tali silatuhrami pasca lebaran Idul Fitri 1444 H/2023 M, keluarga besar Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika mengadakan Halalbihalal di Graha Eme Neme Yauware Timika, Jumat (5/5/2023).

Acara yang dihadiri Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendriete Tandiyono dan kepala-kepala Puskesmas di Mimika ini mengangkat tema “Taburkan Maaf, Sucikan Hati Dalam Indahnya Kebersamaan dan Keragaman Silaturahmi Untuk Meningkatkan Kinerja”.

Acara ini dibuka dengan pembacaan Kalam Ilahi Surat Al-Imran Ayat 103-105 oleh Hernaawati dan Hesti Wijayanti serta penampilan Qosidah dari BKMT Mimika.

Ketua MUI Kabupaten Mimika, Ustad H. Muhammad Amin dalam menyampaikan Hikmah Halal Bihalal mengatakan bahwa silaturahmi sudah menjadi tradisi masyarakat di Indonesia dan menjadi tradisi di Kabupaten Mimika. Selain hubungan bertetangga dan bernegara sering pula dilakukan secara massal yang dikenal dengan nama Halal Bihalal.

“Kita di Mimika ini tidak pernah ada permasalahan dalam beragama, karena kita menjadi contoh bagi semua Kabupaten untuk merangkul semua agama yang diyakini,” ujarnya.

Ustad Amin menambahkan, dalam momentum ini dirinya mengajak semua yang hadir untuk saling memafkan dan tidak menyimpan dendam karena diajaran manapun memaafkan adalah hal yang baik dikerjakan.

“Sebelum saya menutup khotbah ini mari kita saling memaafkan hilangkan rasa amarah di hati, karena apa yang disimpan di hati akan menjadi busuk,” tuturnya.

Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Mimika, Hendriete Tandiyono saat membacakan sambutan Plt Bupati Mimika, Johannes Rettob mengatakan, acara seperti ini sangat baik untuk saling memaafkan antar sesama. Menjalin tali siaturahmi halal bihalal merupakan wujud dari kebersamaan saling mendukung satu dengan yang lainya dalam konteks melaksanakan pekerjaan yang telah diprogramkan Dinas Kesehatan.

“Semoga saja dengan diadakannya kegiatan ini, semua staf dan pejabat serta tenaga kontrak yang bertugas di lingkungan Dinas Kesehatan ini bisa saling mendukung kegiatan atau program dari Dinas Kesehatan itu sendiri,” ungkapnya.

Diungkapkan bahwa kegiatan Halal Bihalal mampu mengembalikan semangat serta dapat memotivasi tenaga kesehatan untuk mengawali kegiatan selama libur lebaran. Di samping itu, apabila ada yang tidak saling menyapa karena perbedaan pendapat atau persoalan di kantor bisa saling berjabat tangan pada momen tersebut.

“Kalau Kadis tidak senang atau ada yang mengganjal dalam pikiran, sebaliknya kalau pegawai merasakan hal yang sama karena persoalan kantor atau peselisihan pendapat, pada momen ini bisa saling memaafkan, kemudian kembali melakukan pekerjaan seperti biasanya, karena kalau hati tidak senang pekerjaan pun akan terganggu,” tuturnya.

Sementara Ketua Panitia Acara, Farida melaporkan bahwa acara tersebut sangat ditunggu-tunggu pasca pandemi covid-19 beberapa tahun yang lalu dan sebagai momentum untuk saling memafkan.

“Kita saling memaafkan mensucikan hati, saling menghargai keberagaman, saling berpegangan tangan, karena dengan bersatu bersama kita kuat meningkatkan kinerja kita membangun Mimika yang tercinta ini,” ujarnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy