SALAM PAPUA (TIMIKA) – Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah XIV se-Tanah Papua, Dr. Suriel S. Mofu,S.Pd,M.Ed,TEFL.,M.Phil(oxon) menegaskan bahwa jika ada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) atau Perguruan Tinggi lainnya yang dibuka di Timika, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, itu Ilegal dan masyarakat diminta untuk melaporkannya ke Kementerian Pendidikan, Budaya, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) RI melalui akun kemdikbud.lapor.go.id atau bisa melalui LLDikti Wilayah XIV.

Hal ini disampaikannya saat berada di Timika, Jumat (7/7/2023).

Orang nomor satu yang membawahi dan mengkoordinasi seluruh Perguruan Tinggi sebagai kepanjangan tangan Kemdikbudristek RI di Tanah Papua ini mengungkapkan bahwa Perguruan Tinggi resmi di Kabupaten Mimika yang terdaftar di Kemdikbudristek RI serta berada di bawah pengendalian dan koordinasi LLDikti XIV se-Tanah Papua saat ini hanya ada 6 Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yakni Politeknik Amamapare Timika, STIE Jembatan Bulan, STKIP Hermon Timika, STKIP Terang Bangsa, Universitas Timika, dan STIH Mimika.

Di samping itu, Suriel menjelaskan bahwa Perguruan Tinggi apapun, baik Perguruan Tinggi Negeri maupun Perguruan Tinggi Swasta, yang akan didirikan atau berada di suatu daerah dalam wilayah se-Tanah Papua harus melalui rekomendasinya. Jika tidak, maka dipastikan Perguruan Tinggi tersebut Ilegal.

“Saya jamin kualitas (enam) Perguruan Tinggi di Mimika saat ini. Jika ada Perguruan Tinggi dari luar datang bawa gelar di Mimika, lapor, itu Ilegal. Jika ada Perguruan Tinggi Negeri buka di sini, tanya dia lewat mana? Kenapa tiba-tiba ada di sini? Tidak ada Perguruan Tinggi Negeri yang berada di sini tanpa lewat saya. Karena saya telah diberikan kewenangan, disumpah jabatan, untuk mengatur dan mengelola Pendidikan Tinggi di Tanah Papua. Sehingga semua Perguruan Tinggi di Tanah Papua harus berproses melalui LLDikti wilayah XIV,” tegas mantan Rektor Universitas Papua (Unipa) ini.

Untuk itu, Suriel pun meminta agar Pemerintah Daerah, Dunia Industri dan stakeholder lainnya yang berada di Kabupaten Mimika untuk mendukung perkembangan Perguruan Tinggi resmi yang berada di Timika saat ini.

Editor: Jimmy