SALAM PAPUA (TIMIKA) - Memasuki usia operasional ke-7 tahun, sarana dan prasarana (Sarpras)  Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika semakin lengkap sehingga berubah  status menjadi Badan Layanan Umum (BLU).

Kepala UPBU Mimika, Soekarjo mengungkapkan bahwa tanggal 5 Oktober 2023 merupakan HUT ke-7 dimulainya operasional Bandara Mozes Kilangin, dan Sarpras telah jauh memadai serta pelayanannya pun sangat meningkat dengan tersedianya sumber daya manusia (SDM) yang baik.

“Alhamdulillah kado ulang tahun ke-7 ini adalah naik status dari UPBU menjadi BLU. Usia operasional kita baru 7 tahun tetapi ibaratnya kita dipaksa menjadi yang sudah berusia puluhan tahun. Itu karena melihat frekuensi penerbangan yang cukup padat sebagai pusat penyebaran sehingga mendesak kita melengkapi Sarpras dan SDM,” ungkap Soekarjo usai perayaan HUT UPBU ke-7 bersama seluruh stafnya, Senin (9/10/2023).

Meski demikian, Soekarjo memastikan peningkatan pelayanan BLU Mosez Kilangin akan terus dilakukan sehingga seluruh fasilitas yang ada tidak terbengkalai. Sedangkan peningkatan SDM akan disesuaikan dengan ketentuan dari pusat. Untuk peningkatan pelayanan tentunya akan disesuaikan dengan SOP yang ditentukan dari setiap pengguna jasa, dalam hal ini masing-masing maskapai.

“Kita di BLU Timika tidak merekrut SDM sendiri karena penerimaannya skala nasional sehingga semua dilakukan dari pusat,” katanya.

Di sisi lain dia mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada maskapai yang membuka rute penerbangan baru, namun telah ada beberapa maskapai yang secara lisan mengutarakan keinginan membuka rute Timika-Bali.

“Memang ada maskapai yang sampaikan secara lisan untuk penambahan rute, tetapi belum ada yang secara resmi mengajukan surat,” ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy