SALAM PAPUA (TIMIKA) - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Distrik Wania, Kabupaten Mimika, menggelar sosialisasi tentang Pemilu 2024 bagi para pemilih pemula siswa-siswi SMA Negeri 1 Mimika, Senin (23/10/2023).

Kegiatan sosialisasi tersebut bertujuan untuk memberikan informasi terkait kepemiluan 2024 yang akan segera digelar dan memberikan pengarahan terkait teknis Pemilu, serta membangkitkan kesadaran untuk berpartisipasi menggunakan hak pilih dan melakukan pengawasan Pemilu.

Dalam kegiatan tersebut, Panwaslu Wania menggandeng Panwaslu Kelurahan atau Desa di wilayah Wania dan Asosiasi Pemilih Pemula.

Ketua Panwaslu Distrik Wania, Mustofa Silaratubun mengatakan bahwa keterlibatan pemilih pemula dalam Pemilu sangat penting, mengingat jumlahnya di setiap gelaran Pemilu relatif besar.

“Pemilih pemula termasuk dalam kelompok rentan yang menjadi sasaran dari peserta Pemilu, sehingga sosialisasi ini sangat penting,” ujarnya.

Dia berharap para pemilih pemula tersebut menjadi pemilih yang berintegritas dan bertanggungjawab terhadap sebuah proses demokrasi yang dilaksanakan.

Sementara itu Komisioner Panwaslu Distrik Wania, Sumardiono menjelaskan, Panwas Wania memiliki strategi pengawasan partisipatif dalam menyongsong Pemilu serentak Tahun 2024 mendatang.

Menurutnya, keterlibatan masyarakat khususnya pemilih pemula merupakan cara yang cukup efektif untuk mencegah terjadinya kecurangan dalam Pemilu.

“Semakin tinggi kesadaran pemilih pemula terlibat dalam pengawasan partisipatif dan menggunakan hak suaranya maka tentu kualitas Pemilu semakin meningkat,” tuturnya.

Sedangkan siswa kelas XII IPA 3 SMA N 1 Mimika, Siti Fatima, usai mengikuti sosialisasi tersebut mengungkapkan bahwa dirinya baru mengetahui  keterlibatan pemilih pemula seperti dia dalam pengawasan partisipatif dan juga menggunakan hak suara dalam Pemilu 2024 sangat penting.

“Setelah mengikuti sosialisasi saya akan menggunakan hak suara saya, sehingga saya bisa berpartisipasi menyukseskan Pemilu 2024,” ujarnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy