SALAM PAPUA (TIMIKA) - Tim futsal putri Papua Pegunungan dipastikan lolos mengikuti Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XXI Aceh dan Sumatera Utara tahun 2024.

Setelah mengalahkan tim Papua Tengah 3-1 pada 25 Januari 2024 kemarin, tim putri Papua Pegunungan juga berhasil menang telak 5-1 atas Papua Selatan pada babak kualifikasi Pra-PON XXI Aceh-Sumut yang berlangsung di GOR Futsal Timika, Jalan SP2-SP5, Jumat (26/1/2024).

Sejak awal babak pertama, tim putri yang diasuh Coach Nelson Piter Rumaropen ini mulai eksis dengan mendominasi serangan ke gawang Papua Selatan dan mencetak 3 skor melalui tendangan maut Ida Ellha Kayame.

Pada pertengahan babak kedua, secara mengejutkan untuk menyelamatkan gawang, salah satu pemain tim putri Papua Pegunungan menendang keras si kulit bundar ke gawangnya sendiri (gol bunuh diri), sehingga tercatat skor 4-1.

Sesaat sebelum wasit meniup peluit panjang tanda babak kedua berakhir, Ida Ellha Kayame kembali mempersembahkan satu gol bagi tim Papua Pegunungan hingga pertandingan berakhir dengan skor telak 5-1 untuk kemenangan tim Papua Pegunungan.

Dandim 1702/Jayawijaya, Letkol Cpn Athenius Murip selaku Ketua Kontingen Papua Pegunungan menyampaikan rasa syukurnya atas kemenangan tim futsal putri. Dengan kemenangan ini, tim putri dipastikan lolos mengikuti PON XXI yang akan dilaksanakan di Aceh-Sumatera Utara.

"Puji Tuhan dan saya ucapkan terima kasih untuk tim putri yang telah berjuang, sehingga kami dari Papua Pegunungan bisa dapat satu tiket ke PON XXI," ungkap Letkol Athenius.

Mengingat nantinya akan melawan banyak tim perwakilan seluruh Provinsi di Indonesia, maka tim Putri Papua Pegunungan akan dipersiapkan dengan memanfaatkan waktu untuk training center (TC), sehingga kualitas bermain dapat lebih ditingkatkan.

"Hari ini mereka bisa menang, padahal seleksi dan latihan baru berjalan dua minggu saja. Makanya kami perlu lakukan TC," ujarnya.

Di sisi lain, Letkol Athenius juga mengaku bahwa tim putra Papua Pegunungan juga bermain bagus, akan tetapi keberuntungan belum berpihak.

Menurut dia, pada tanggal 27 Januari 2024, setelah mengalahkan Papua Pegunungan, Papua Selatan akan bertanding melawan Papua Tengah. Diharapkan, Papua Tengah bisa menang, sehingga memberi peluang bagi Papua Pegunungan untuk mendapat tiket ke PON XII Aceh-Sumut.

"Sebetulnya kalau dilihat-lihat itu kekalahan yang diakibatkan atas kesalahan sendiri," ujarnya.

Sementara Sekretaris Asprov sekaligus Sekretaris Harian KONI Papua Pegunungan, Herry Yohanes Purun memberi apresiasinya kepada Pj Gubernur Papua Pegunungan Velix Vernando Wanggai dan Dandim 1702/Jayawijaya Letkol Cpn Athenius Murip yang tetap memberikan dukungan penuh dan hadir menyaksikan langsung penampilan anak-anak Papua Pegunungan di Timika.

"Kami berikan apresiasi kepada Pj Gubernur dan Dandim yang selalu support dan langsung hadir memberi semangat," ungkap Herry.

Herry juga menyampaikan selamat atas kemenangan tim Papua Selatan. Selanjutnya, Papua Pegunungan menunggu hasil pertandingan antar Papua Tengah dan Papua Selatan.

"Kalau besok Papua Tengah menang dan poin kami unggul, maka kami optimis bisa lolos ke Aceh," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy