SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ursula Amanda Pamela E. Fatem yang merupakan darah asli Kabupaten Maybrat, terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia mewakili Provinsi Papua Barat Daya.

Duta Inspirasi Indonesia ini di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga, merupakan platform pemberdayaan pemuda yang membina pemuda-pemudi terbaik dari seluruh Indonesia.

Pamela yang merupakan mahasiswi  Fakultas Bahasa dan Seni Universitas Negri Manado ini mengaku, sangat bangga bisa terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia mewakili Provinsi Papua Barat Daya.

“Saya bangga sekali bisa terpilih mewakili Provinsi Papua Barat Daya,” ujarnya saat dihubungi Salampapua.com, Jumat (12/1/2024).

Namun, ia sangat menyayangkan  mengingat, dari sekian banyak  peserta perwakilan  seluruh Provinsi di Papua hanya dirinya yang merupakan anak asli  orang Papua.

“Setelah saya bergabung, saya baru mengetahui bahwa hanya saya anak muda asli Papua yang terpilih,” ungkapnya.

Ia menjelaskan untuk Provinsi Papua  lainnya, yang terpilih sebagai Duta Inspirasi Indonesia bukan anak asli Papua, tapi merupakan anak muda asal daerah Jawa, Sumatra, NTB, Sulawesi dan daerah lainnya. Hal ini dikarenakan tidak adanya anak muda Papua yang mendaftar dalam program ini.

“Untuk Provinsi Papua  lainnya semua yang terpilih di program ini merupakan anak muda yang bukan berdomisili di Provinsi tersebut, bahkan partner saya dari Papua Barat Daya bukan anak muda lahir besar Papua, dia berdomisili NTB,” jelasnya.

Terpilihnya anak muda yang bukan asli dan berdomisili di Papua, tentunya tidak dapat mengangkat, mempromosikan  atau memaparkan bagaimana pesona Papua seutuhnya.

“Contohnya saja banyak dari mereka yang mengira bahwa Raja Ampat itu berada di Papua Selatan, inilah yang sangat  disayangkan, di mana pesona Papua yang menakjubkan tidak dapat dijabarkan, karena mereka yang terpilih bukan anak muda asli Papua,” ucapnya.

Pamela pun berharap dan mengajak semua anak muda Papua untuk ikut dalam ajang pemilihan Duta ini, sehingga bisa mewakili Provinsi masing-masing dan mempromosikan Papua seluas-luasnya.

“Saya mengajak teman-teman Papua untuk ikut dalam ajang ini supaya kita bisa membangun branding  tentang seluruh Provinsi Papua supaya  dikenal di kanca Nasional maupun Internasional,” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Acik