SALAM PAPUA (TIMIKA) - Kepala Bagian Sumber Daya Manusia (SDM) Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Mimika, Marthinus J Nuboba mengungkapkan pada tahun 2023 pihaknya telah memberikan bantuan pendidikan bagi 800 mahasiswa OAP Mimika yang berada di luar Kota maupun Luar Negeri.

“Kita sudah tidak memberikan beasiswa kepada mahasiswa, kita hanya memberikan bantuan dana (pendidikan) yang akan diberikan 1 tahun sekali, di mana tahun 2023 kita telah memberikan bantuan kepada 800 mahasiswa di dalam Kota dan Luar Negeri,” ujarnya, Jumat (2/2/2024).

Ia menjelaskan, anggaran yang dikeluarkan untuk bantuan mahasiswa di tahun 2023 itu diambil dari dana Otonomi Khusus (Otsus) sebesar Rp 10 Miliar dan juga dana dari Bagi Hasil kurang lebih Rp 800 juta.

“Yang jelas untuk dana Otsus diberikan kepada dua suku Amungme dan Kamoro sedangkan untuk dana Bagi Hasil diberikan kepada 5 suku kekerabatan,” ungkapnya.

Ia menambahkan, bukan hanya bantuan dana yang dikeluarkan Pemda pada tahun ini, namun ada juga bantuan rehab gedung Asrama mahasiswa Timika di Bandung dan di Manado.

“Kami juga sudah selesai merehab Asrama Mimika di Bandung dan di Manado, jadi mahasiswa di sana sudah tempati, ini bentuk Pemkab memperhatikan dunia Pendidikan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy