SALAM PAPUA (TIMIKA) - Habib Hasyid dalam Tausiyahnya mengatakan, dalam menghadapi akhir Ramadhan, terdapat 7 amalan yang sangat dianjurkan dan bisa dilakukan umat Muslim untuk mendapatkan keberkahan dan pahala yang melimpah.

“Akhir-akhir Ramadhan seperti ini banyak sekali masjid yang kita temukan sepi dari jemaah karena banyak umat apalagi ibu-ibu yang lebih memilih mempersiapkan Lebaran. Padahal di akhir Ramadhan seperti inilah keberkahan dan pahala yang dijanjikan sangat melimpah,” ujarnya saat membawakan Tausiyah Ramadhan di Masjid Riyadus Shalihin KM5 Timika, Selasa malam (2/4/2024).

Adapun 7 amalan yang sangat dianjurkan saat menjelang berakhirnya Ramadhan yaitu:

1. Perbanyak Khatam Al-Qur’an, dengan membaca Al-Qur’an dan mengkhatamnya dapat meningkatkan keimanan dan mendapatkan pahala yang melimpah.

2. Perbanyak Berdoa, dengan berdoa di bulan Ramadhan maka keberkahan akan diberikan keberkahan dan kemuliaan di malam yang istimewa ini.

3. Beri'tikaf, berarti berdiam diri dan merenungi diri di Masjid, maka dengan renungan, makna akan ibadah yang dilakukan dapat dihayati.

4. Perbanyak Taubat, dengan bertaubat di bulan yang istimewa ini tentu Allah SWT membukan pintu taubat sebesar-besarnya.

5. Shalat Malam, ini mengartikan bahwa di malam-malam terakhir bulan Ramadhan diisi dengan keberkahan.

6. Perbanyak Sedekah.

7. Dan terakhir tidak lupa tunaikan Zakat, Zakat merupakan kewajiban seorang Muslim dalam ibadahnya.

“Dengan 7 amalan ini maka saya yakin dan percaya, ibadah di malam-malam terakhir Ramadhan ini dapat membuka hati kita, meningkatkan keimanan kita dan meningkatkan rasa syukur atas apa yang telah kita dapatkan,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy