SALAM PAPUA (TIMIKA) - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar Forum Komunikasi dan Forum Kemitraan dengan Pemangku Kepentingan Utama, pada lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, yang dilaksanakan di Hotel Horison Diana Timika, Selasa (7/5/2024).

Forum dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Mimika, Reynold Rizal Ubra, Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Mimika, dr Antonius Pasulu, SpTHT-KL, MKes, Kepala Disdukcapil Slamet Sutejo, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Mimika, Petrus Yumte.

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Jayapura, Deny Jermy Eka Putra Mase, SKM MM mengatakan, dalam forum BPJS Kesehatan bersama Pemangku Kepentingan, mendiskusikan terkait isu-isu pelayanan kesehatan untuk peserta JKN, terutama pada kepesertaan pelayanan kesehatan yang dianggarkan oleh Pemkab Mimika.

“Dalam diskusi tadi, memang kami diminta untuk meningkatkan sosialisasi kepada masyarakat, terutama pada  penggunaan JKN-KIS BPJS Kesehatan.  Mulai dari hak dan kewajiban peserta JKN-KIS hingga alur layanan dan rujukan pada Fasilitas Kesehatan (Faskes). Kemudian kami dari BPJS Kesehatan bersama-sama dengan pemerintah daerah Kabupaten Mimika, mengupayakan untuk meningkatkan keaktifan peserta  JKN di Mimika,” ujarnya.

Bukan hanya masukan yang diterima BPJS Kesehatan namun, namun juga meminta kepada Pemkab Mimika melalui semua pemangku kepentingan yang hadir dalam forum tersebut, untuk terus men-support penuh BPJS Kesehatan bagaimana masyarakat bisa lebih peduli terhadap penggunaan JKN.

“Kami juga menjelaskan bahwa terkait dengan masyarakat yang ditanggung oleh pemerintah daerah Kabupaten Mimika atau PBPU Pemda, tentunya setiap hari mengalami peningkatan sehingga lewat kesempatan ini juga diharapkan adanya dukungan anggaran dari Pemda Mimika, untuk memberikan jaminan Kesehatan melalui JKN KIS untuk mencegah terjadinya non aktif peserta. Kita juga berusaha mencocokkan data kepesertaan dengan dengan data kependudukan di Dukcapil, termasuk dengan data tanggungan kurang mampu di Dinsos, dengan melakukan rekonsiliasi data secara berkala,” jelasnya.

Dalam forum juga, BPJS bersama Pemkab Mimika memastikan penggunaan kartu JKN pada Faskes di Mimika bisa berjalan dengan baik dan maksimal, sehingga masyarakat di Kabupaten Mimika mendapatkan pelayanan yang mudah, cepat dan setara.

“Kami diskusikan juga bagaimana pelayanan Faskes yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan bisa berjalan dengan baik. Jadi apabila ada laporan-laporan terkait keluhan-keluhan peserta saat memperoleh pelayanan kesehatan, kami berharap bisa melaporkan ke kami untuk ditindaklanjuti,” tutupnya.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi