SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Komisi C DPRD Mimika Aloisius Paerong meminta kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika untuk mempercepat proses pelelangan sehingga penyerapan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Mimika tahun 2024 bisa maksimal dan tidak ada lagi pekerjaan yang menumpuk di akhir tahun.

“OPD-OPD di lingkup Pemkab Mimika harus belajar dari tahun-tahun sebelumnya, akibat proses lelang yang lambat, banyak pekerjaan fisik yang tidak dapat diselesaikan tepat waktu,” ujarnya, Selasa (4/6/2024).

Menurutnya, Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) Tahun anggaran 2023 cukup tinggi, hanya karena pekerjaan yang tidak dirampungkan, dan harus dilanjutkan ditahun anggaran yang baru, waktu yang begitu mepet juga menjadi salah satu faktor minimnya penyerapan anggaran.

“APBD kita Rp 7,5 Triliun seharusnya semua proses ,baik itu pelelangan hingga pengerjaan proyek fisik, bisa diselesaikan dengan cepat, jangan disamakan dengan daerah yang APBD hanya Rp 1 Triliun saja,“ tegas Aloisius.

Sebab kesuksesan dalam pengelolahan APBD, jika masyarakat mendapat manfaatnya. Untuk itu ke depan Komisi C berencana akan mengunjungi Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang menjadi mitra kerja dari Komisi C DPRD Mimika untuk menanyakan proses pelelangan yang sudah dilakukan.

Penulis: Evita

Editor: Sianturi