SALAM PAPUA (TIMIKA) – Papua Black Pearls yang merupakan tim flag football asal kota Timika, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, namun menjaring anak-anak muda berbakat se-Tanah Papua ini, siap berlaga di turnamen bergengsi Merdeka Bowl 2024 (MB24) yang diselenggarakan di Lapangan Pancasila Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, tanggal 23-25 Agustus 2024.

Diketahui, Papua Black Pearls merupakan satu-satunya tim mewakili Indonesia Bagian Timur pada turnamen Merdeka Bowl 2024 yang diikuti tim-tim flag football seantero Nusantara.

Willy Bryand Luwunaung, manajer tim Papua Black Pearls mengatakan, tim ini dibentuk untuk membuka peluang bagi anak-anak muda Papua, terutama yang berasal dari Timika, agar dapat mengenal dan terlibat dalam flag football.

Papua Black Pearls siap menunjukkan bakat-bakat terbaik anak-anak muda Papua di panggung nasional dan berpartisipasi di Merdeka Bowl 2024 merupakan tonggak penting bagi tim serta komunitas Papua secara lebih luas.

“Kami bangga membawa semangat dan energi kami ke Merdeka Bowl dan berharap dapat menginspirasi masyarakat di komunitas kami,” ujarnya.

Merdeka Bowl adalah sebuah ajang flag football tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi American Football Indonesia (AAFI). Turnamen tahun ini merupakan persiapan bagi atlet flag football Indonesia menuju Olimpiade Los Angeles 2028.

Merdeka Bowl telah menjadi ajang penting dalam kalender olahraga nasional dengan daftar tamu kehormatan yang mencakup perwakilan dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Kedutaan Besar Amerika Serikat, dan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

Perbedaan Flag Football dan American Football

Flag football adalah varian dari American Football yang dimainkan dengan peraturan yang lebih sederhana dan tanpa kontak fisik yang keras.

Lain halnya dengan American Football tradisional, dimana pemain dihentikan dengan tekel fisik, dalam flag football pemain dihentikan dengan menarik bendera kecil (flag) yang tergantung di pinggang lawan.

Olahraga ini menggabungkan kecepatan, ketangkasan, dan strategi, membuatnya menjadi olahraga yang inklusif dan dapat diakses oleh berbagai kalangan, termasuk anak-anak dan remaja.

Flag football juga diakui sebagai olahraga yang aman dan menyenangkan, serta terus berkembang popularitasnya di seluruh dunia.

Daftar Pemain Papua Black Pearls

Tim Penyerang:

1. Qb - Ray Gerungan - Minahasa, Sulawesi Utara

2. Qb - Aurelio - Jayapura, Papua

3. Wr - Joan Meres Kaize - Merauke, Papua

4. Wr - Samuel Bleskadit - Merauke, Papua

5. Wr - Rj Winata - Fak-Fak, Papua

6. Wr - Zimar Alwan - Biak, Papua

7. Wr - Wretsle Mansawan - Timika, Papua

8. C - Plato Imbiri - Serui, Papua

9. C - Yoel Uktolseja - Ambon, Maluku

Tim Bertahan

1. Db - Bern Maka - Sangir, Sulut

2. S - Matthew Fenat -  Kafemenanu, NTT

3. Db - Damian Mote - Paniai, Papua

4. S - Joe Nicolaas - Timika, Papua

5. S - A. Jupri Abdu - Timika, Papua

6. Pr - Reza Mailoa - Ambon, Maluku

7. Pr - Rafael - Jayapura, Papua

 

Editor: Jimmy