SALAM PAPUA (TIMIKA)- Kabupaten Fakfak merupakan salah satu Daerah di Provinsi Papua Barat yang memiliki objek wisata yang cukup menjanjikan, bagi para wisatawan yang hendak menghabiskan waktunya. Ada beberapa objek wisata yang jaraknya relatif lebih dekat dengan Bandara Siboru di Distrik Wertutin Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat.

Bandara Siboru yang baru beroperasi ini, secara geografis masuk ke dalam Kawasan Fakfak Barat dan dikelilingi hutan hujan tropis Papua. Dari Bandara Siboru Fakfak, wisatawan bisa mengunjungi lima objek wisata mulai dari pantai hingga tempat melihat dugong atau ikan duyung.

Berikut 5 objek wisata yang dekat dengan Bandara Siboru Fakfak dirangkum dari beberapa sumber, Senin (29/1/2024).

1. Pantai Wertutin

Objek wisata Pantai Wertutin di Kampung Werpigan, Distrik Wertutin hanya berjarak 14 Km dengan estimasi waktu tempuh 25 menit dari Bandara Siboru Fakfak.Pantai Wertutin ini dekat dengan pemukiman warga.Pantai Wertutin dikenal dengan pantai warna-warni, karena area tempat duduk pada pantai tersebut dicat warna-warni.Ada spot jembatan biru yang langsung menghubungkan area daratan ke laut.

Jembatan ini biasanya dijadikan spot foto oleh pengunjung atau wisatawan.Selain memiliki panorama keindahan pantai berpasir putih, tak jauh dari Pantai Wartutin juga terdapat Tugu Pengibaran Bendera Merah Putih.

Ada cerita menarik di balik tugu tersebut, di mana persis pada lokasi tugu itu berada, pada zaman penjajahan pernah ditancapkan Bendera Merah Putih untuk pertama kalinya.Untuk kisah lengkapnya, wisatawan bisa berkunjung ke rumah adik kandung Raja Ati-ati, Yusuf Bay yang kediamannya berdekatan dengan tugu itu.

2. Pantai Siboru

Pantai Siboru berada di Kampung Siboru, Distrik Wertutin Kabupaten Fakfak Provinsi Papua Barat.Pantai ini secara administratif wilayah berada pada Kampung Siboru di mana Bandara Siboru berada.Sehingga jaraknya relatif dekat dan bisa menjadi rekomendasi wisata bagi para pengunjung yang baru tiba di  Bandara Siboru. Pantai ini memiliki pasir putih dan pepohonan yang rindang, dan ombak yang sangat cocok untuk surfing atau berselancar.

3. Objek Wisata Dugong

Objek wisata Dugong atau Ikan Duyung di Kampung Kiat, Distrik Fakfak Barat bisa menjadi pilihan pengunjung atau wisatawan ketika berkunjung ke Fakfak.Wisatawan bisa bertemu dengan Dugong bernama Mayangsari. Untuk melihat air mata Ikan Duyung bernama Mayangsari ini dihargai Rp 2 Juta rupiah.

4. Gunung Botak Siboru

Gunung Botak Siboru merupakan bagian dari Pegunungan Siboru Fakfak, yang memiliki vegetasi hutan hujan tropis atau rain forest.Objek wisata ini belum dikenal luas oleh masyarakat, akan tetapi di Gunung Botak Siboru wisatawan bisa menemukan Burung Endemik Papua yakni Cenderawasih.

5. Pulau Panjang

Pulau kecil berhadapan dengan Kampung Siboru yakni Pulau Panjang juga bisa menjadi rekomendasi wisatawan.Meski harus menyeberangi perairan, namun pemandangan alam yang ditawarkan pada Pulau Panjang tak perlu diragukan lagi keindahannya. (RRI.co.id)

Editor: Sianturi