SALAM PAPUA (TIMIKA) - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Papua memberikan 300 bibit tanaman gratis untuk Kampung Damai, Distrik Kwamki Narama, Kabupaten Mimika, Papua Tengah.

Kepala BBKSDA Papua, A.G. Martana mengatakan bahwa langkah penyediaan bibit tersebut sebagai upaya Kabupaten Mimika untuk menjadikan Kampung Damai sebagai kampung penghijauan.

“Jadi kemarin kita sudah berikan, karena mereka mau pakai untuk menghijaukan di sepanjang jalan dan di area-area publik. Kita juga tidak bekerja sendiri tetapi tentunya dibantu oleh PT Freeport Indonesia dengan memberikan beberapa bantuan bibit,” ujarnya usai kegiatan pelepasliaran satwa di hutan Kuala Kencana, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, Rabu (15/3/2023).

Ia menjelaskan, jenis bibit yang disediakan antara lain bibit Calliandra, Angsana dan Pucuk Merah.

“Kampung Damai ingin menjadi Kampung yang mandiri sehingga kami membantu. Mereka juga meminta untuk diberikan bibit buah merah dan bibit buah nanas, nantinya akan kita berikan agar Kampung Damai memiliki penghasilan sendiri,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan, pada acara puncak Hari Bakti Rimbawan ke-40, pihaknya akan memberikan 300 bibit tanaman buah kepada Masyarakat.

“Besok (16 Maret, Red) kita bagikan bibit buah Durian dan buah Pinang kepada masyarakat yang lewat di Kantor Dinas Kehutanan, depan Koramil dan perempatan SP 1 (Timika),” tutupnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy