SALAM PAPUA (TIMIKA) – Satu unit rumah milik Edison Nusi warga RT 04/RW-, Jalan Leo Mamiri, Kelurahan Sempan, Kabupaten Mimika, Papua Tengah, hangus terbakar sekira pukul 13.00 WIT, Rabu (5/4/2023).

Kebakaran terjadi diduga lantaran korsleting arus listrik di lantai 2. Akibatnya api merambat dan menghanguskan atap, plafon dan seisi ruangan pada lantai 1 dari rumah tersebut.

Pemilik rumah, Edison Nusi mengatakan bahwa saat kejadian, ia bersama anak-anaknya sedang berada di ruang tamu lantai bawah. Ia dan anak-anaknya terkejut saat tetangga berteriak dan memberitahukan bahwa ada kobaran api dan asap mengepul yang muncul dari lantai 2 rumahnya tersebut.

Secara spontan dirinya memerintahkan anak-anaknya untuk keluar rumah. Ia pun sempat menuju ke lantai 2 dan berupaya memadamkan api, tapi kobaran api begitu cepat merambat dan menghanguskan seluruh dinding berbahan kayu tersebut.

“Saya dengan anak-anak ada di bawah, kami tahu dari tetangga yang melihat adanya asap dan api di lantai 2. Tetangga datang dan berteriak bahwa rumah kami ini terbakar, saya langsung perintahkan anak-anak keluar rumah. Saya Sampat naik tapi saya tidak sanggup, karena kobaran api sangat  cepat sekali. Saya hanya bisa selamatkan beberapa barang berharga saja,” ungkapnya.

Edi  mengaku, kerugian yang dialaminya mencapai hingga Rp 400 juta, namun ia bersyukur tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut.

“Kita bangun rumah ini kurang lebih capai Rp 400 juta, karena lantai atas itu bahan kayu besi semua. Ada tiga kamar dengan fasilitasnya masing-masing. Bagian bawah bahan beton, ada 3 kamar dengan fasilitas-fasilitas juga yang lumayan mahal. Semuanya hancur, tinggal pakaian di badan saja,” ungkapnya.

Wartawan : Acik

Editor : Jimmy