SALAM PAPUA (TIMIKA) - Karang Taruna Kabupaten Mimika menggelar Sidang Temu Karya II periode 2023-2028 yang berlangsung di Keuskupan, Jumat (26/5/2023).

Sidang ini dibuka oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Mimika, Paulus Dumais dengan mengangkat tema “Bangkitkan semangat kerja demi mewujudkan penumbuhan dan pengembangan semangat kebersamaan, jiwa kekeluargaan, kesetiakawanan sosial, dan memperkuat nilai-nilai dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)”.

Paulus Dumais dalam sambutan Plt Bupati Mimika Johannes Rettob, mengatakanbahwa Karang Taruna adalah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat menjadi wadah generasi muda, agar generasi muda dapat berorientasi pada tercapainya kesejahteraan sosial masyarakat.

“Ini kan wadah Taruna, jadi harus bisa bekerja untuk menjadi contoh anak muda di Mimika, jangan hanya menjadi organisasi tapi tidak bekerja dengan baik. Pemerintah memang terbantu dengan adanya organisasi yang mewakili anak-anak muda,” ujarnya.

Semoga pelaksanaan Sidang Temu Karya II Karang Taruna dapat terlaksana dengan baik dan dapat menghasilkan kebijakan-kebijakan yang berpusat pada keputusan bersama dalam melihat situasi dan perkembangan di Kabupaten Mimika.

“Saya harap sidang ini berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil yang baik untuk kemajuan Kabupaten Mimika,” harapnya.

Sementara itu, Pendiri Karang Taruna Vincesius Apoka dalam sambutannya mengatakan, Karang Taruna adalah organisasi yang tergabung dari direktorat sosial, Distrik dan Kampung, yang mulai dibentuk dari 2006-2011 serta dilantik oleh Almarhum Klemen Tinal.

“Kita dulu dilantik Alm. Pak Klemen, tapi saat beliau pindah ke Jayapura, organisasi kita jadi mandek (berhenti),” ujarnya.

Dirinya sebagai anggota yang masih bertahan hingga saat ini berharap dengan adanya sidang ini organisasi Karang Taruna bisa terus berjalan.

“Saya sebagai kader berharap sidang ini yang akan membangkitkan lagi pemuda pilar Bangsa mulai dari tingkat Kabupaten, Provinsi dan Pusat. Kami sangat berterimakasih atas dukungan dari semua pihak, terutama Pemerintah Daerah,” ungkapnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy