SALAM PAPUA (TIMIKA) – Dalam suasana memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2023, sebanyak 255 Karyawan PT Freeport Indonesia (PTFI) dari area highland dan lowland turun langsung melakukan Coastal Clean Up dengan membersihkan lingkungan di area Portsite daratan hingga area pesisir laut, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua Tengah, pada Sabtu (10/6/2023).

Ketua Panitia Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 PTFI, Emilia Farida Ubra mengatakan bahwa kegiatan pembersihan lingkungan ini merupakan kegiatan Coastal Clean Up sebagai rangkaian dari kegiatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2023 yang dilakukan secara live streaming bersama Kementerian Lingkungan Hidup dan Dinas Kehutanan yang dipusatkan di kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

“Tadi kita lakukan pembersihan dengan total sampah 542 Kg, dan sebelumnya kita sudah melakukan pembersihan di sekitar pantai di Papua Tengah tepatnya di Nabire, serta akan kita lanjutkan dengan kegiatan puncaknya di tanggal 16-18 Juni yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika dan instansi terkait serta mitra kerja di lingkup PTFI,” ujarnya.

Emilia menjelaskan, untuk kegiatan puncaknya akan mengadakan Pameran, Bazar, lomba pidato untuk tingkat SMP, lomba Tik-Tok untuk umum, dan lomba mewarnai untuk taman kanak-kanak.

“Jadi pameran ini akan menampilkan pekerjaan yang lebih concern kepada lingkungan bagaimana sampah bisa menjadi sesuatu yang bernilai,” ungkapnya.

Dia menambahkan bahwa kegiatan ini terbuka untuk umum sehingga dia mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Mimika untuk terlibat di dalamnya.

“Karena kegiatan berfokus di halaman gedung Eme Neme Yauware maka kami berharap seluruh masyarakat Kabupaten Mimika dapat terhibur dan juga berpartisipasi dengan melihat kegiatan operasional yang dilakukan PTFI bersama Pemerintah Daerah,” tutupnya.

Diketahui, pada kegiatan Coastal Clean Up Hari Lingkungan Hidup Sedunia 2023 di IKN Nusantara, turut hadir Presiden Direktur PTFI Tony Wenas mendampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, Prof. Dr. Ir. Siti Nurbaya Bakar,M.Sc. (Adv)

Penulis: Evita

Editor: Jimmy