SALAM PAPUA (TIMIKA) – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika akan lebih memfokuskan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Mimika tahun 2023 pada program padat karya di setiap Distrik dan insentif bagi guru honorer baik negeri maupun swasta.

Diketahui mulai hari ini, Selasa (22/8/2023), seluruh anggota DPRD Mimika dan Pemkab Mimika menggelar rapat membahas tentang APBD-P Kabupaten Mimika tahun 2023, yang diselenggarakan di Jakarta.

Pj Bupati Mimika, Valentinus Sudarjanto Sumito, kepada salampapua.com mengungkapkan bahwa anggaran di setiap OPD yang diplotkan bagi perjalanan dinas dalam APBD-P Mimika 2023 akan dialihkan kepada program padat karya untuk setiap Distrik di Kabupaten Mimika.

“Saya belum bisa sebutkan angkanya di APBD-P berapa, yang jelas kami sepakat menggeser anggaran yang digunakan OPD untuk perjalanan Dinas ke Jakarta diberikan kepada setiap Distrik untuk program padat karya,” ungkapnya kepada salampapua.com melalui sambungan telepon, Selasa (22/8/2023).

Selain itu, pria yang akrab disapa Valent ini juga mengatakan, APBD-P Mimika 2023 tersebut juga akan dialokasikan untuk pemberian insentif bagi guru-guru honorer, baik negeri maupun swasta.

“Sebenarnya untuk insentif guru harusnya kita bayarkan sebesar Rp 10 juta per-bulannya, apalagi yang mengajar di pedalaman dengan kondisi yang lebih menantang, tetapi dilihat dari banyaknya Guru Honorer (di Mimika) maka kita rampingkan menjadi sebesar Rp 3,5 juta per-bulan,” jelasnya.

Dia berharap melalui penggeseran anggaran ini dapat memberi manfaat dan dirasakan langsung oleh masyarakat luas, termasuk guru-guru honorer agar lebih semangat mengajar.

Sementara itu, saat ditanya terkait realisasi anggaran di setiap OPD dalam APBD 2023 yang sudah memasuki Triwulan ke-3 ini, dirinya menjawab baru mencapai sekitar 30 persen.

Dalam hal ini, Valent menegaskan agar setiap OPD yang telah memiliki kontrak dengan para kontraktor agar segera menjalankan programnya.

“Kami akan membentuk tim yang akan memantau dan mendorong setiap OPD untuk segera menjalankan programnya. Tapi memang hingga semester ke-3 ini masih dalam tahap perencanaan yang realisasinya secara keseluruhan akan dimulai pada bulan Oktober 2023 mendatang,” tuturnya.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy