SALAM PAPUA (TIMIKA) - Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Mimika, Marselino Mameyauw mengatakan bahwa meskipun belum diresmikan tapi selama dua minggu terakhir ini Rumah Sakit Waa-Banti telah memberikan pelayanan kepada masyarakat setempat.

"Rencananya kan Pj Bupati yang resmikan dulu tapi karena ditunda jadi kita aktifkan pelayanan terlebih dahulu dan pelayanan yang aktif yaitu pelayanan kesehatan umum, instalagi gawat darurat (IGD), farmasi, ibu dan anak, serta laboratorium, jadi lima yang jalan, yang darurat langsung dilayani," ungkapnya saat ditemui salampapua.com di ruang kerjanya, Senin (28/8/2023).

Menurut Marselino, berdasarkan pendaftaran yang dibuka beberapa waktu lalu, ada 24 tenaga kesehatan yang ditempatkan di RS Waa-Banti. Sementara untuk tenaga dokter, ada 1 dokter umum dan 1 dokter ahli penyakit dalam.

“Awalnya 24 tenaga kesehatan yang di RS Waa-Banti akan diroling setelah kunjungan Pj Bupati, tapi karena (kunjungan Pj Bupati) ditunda mereka masih menetap di sana untuk menyiapkan perlengkapan dan SOP yang belum ada,” ujarnya.

Saat ditanya jumlah ideal tenaga nakes yang dibutuhkan di RS Waa Banti,

Dia menambahkan bahwa tenaga kesehatan yang dibutuhkan di RS Waa-Banti seharusnya sebanyak 100 orang lebih, namun untuk jangka pendek ini pihaknya baru merekrut 50 orang.

Wartawan: Evita

Editor: Jimmy