SALAM PAPUA (TIMIKA) - Ketua Harian Persatuan Sepak Takraw Indonesia (PSTI) Provinsi Papua Tengah, Hajar Azwad mengapresiasi kegiatan Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) Mimika I yang diselenggarakan Komite Olahraga Nasional Indonesi (KONI) Mimika.

“Ini merupakan Porkab yang baru petama kalinya dilaksanakan di Mimika. Saya berharap event-event lainnya juga bisa dilaksanakan dan jangan berakhir di sini. Mungkin di tahun depan dilaksanakan lagi Porkab II,” ujarnya usai pertandingan Sepak Takraw pada Porkab Mimika I hari ketiga di lapangan Perumahan Pemda SP 2 Timika, Rabu (29/11/2023).

Menurut Dia, apabila Porkab bahkan kejuaran lebih tinggi bisa dilaksanakan di Timika maka atlet-atlet di Mimika bisa lebih banyak mengasah keterampilan dalam pertandingan, lebih tinggi lagi persaingannya.

“Kalau dibukanya open turnamen di Mimika, maka persaingan juga lebih tinggi, jadi bisa mendatangkan atlet dari Kabupaten lain untuk bertanding. Ke depannya juga kita berharap bisa membuka turnamen berjenjang dari tingkat SMP, SMA dan Umum,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua PSTI Kabupaten Mimika, Dafid Nusaaly menyampaikan terimakasihnya kepada KONI Mimika yang telah menggelar Porkab Mimika I, sehingga dapat memupuk dan membangkitkan semangat atlet-atlet Sepak Takraw di Mimika.

“Saya juga berterimakasih kepada Bupati Mimika yang telah memberikan inisiatif yang yang sangat luar biasa untuk Kabupaten Mimika dalam hal ini bidang olahraga sehingga kami memiliki wadah untuk bertanding,“ ujarnya.

Dirinya juga berharap tahun-tahun ke depannya Porkab tetap dilaksanakan sehingga atlet-atlet dapat meningkatkan prestasi di dalam pembinaan club dan berpotensi melahirkan atlet-atlet yang terbaik.

“Kalau kita bisa membuat turnamen berjenjang maka kita bisa melahirkan atlet-atlet dari tingkat muda, sehingga atlet juga bisa mendapatkan program-program dari club dan dapat diaplikasikan pada turnamen,” ungkapnya.

Penulis: Evita

Editor: Jimmy