SALAM PAPUA (TIMIKA) - Lima tahun menjabat sebagai anggota Komisi A DPRD Mimika, Thobias Maturbongs membangun puluhan rumah layak huni bagi warga di wilayah pesisir Kabupaten Mimika, yang merupakan daerah pemilihan 6 (Dapil 6).

Secara eksklusif kepada salampapua.com politisi PDI Perjuangan ini menyampaikan bahwa melalui anggaran pokok pikiran (Pokir) anggota DPRD Mimika, ia telah membangun lima unit rumah dan   penimbunan pembangunan lokasi baru gereja Katolik serta membangun jalan beton di Kaokonao, Distrik Mimika Barat, serta 6 unit penampungan air berkapasitas 1.100 liter untuk kebutuhan SMA di Kaokonao.

"Tahun depan saya akan masukan di Pokir juga bantuan perahu untuk transportasi guru-guru di Kaokonao," tuturnya.

Selain di Kaokonao, juga dibangun 2 unit rumah bagi warga di kampung Aikawapuka, Distrik Mimika Tengah, 11 unit rumah di kampung Timika Pantai, 2 unit di SP6, 1 unit di SP4 dan 1 unit rumah bagi warga di Kampung Iwaka.

"Selama menjabat saya betul-betul fokus membangun rumah warga di pesisir melalui (dana) Pokir saya. Saat ini masih ada yang sementara dalam proses membangun rumahnya, karena semuanya dilakukan pertahap," ungkapnya, Selasa (14/11/2023).

Membantu masyarakat di wilayah pesisir merupakan kewajiban sehingga selain melalui Pokirnya selaku anggota dewan, Thobias juga gencar memberi bantuan sosial (Bansos) menggunakan dana pribadi. Bansos yang kerap disalurkan bagi masyarakat pesisir ialah bahan makanan, alat musik, sound system atau speaker aktif dan alat olahraga voli khusus bagi pemuda gereja di seluruh kampung. Ada juga bantuan lonceng gereja di Poumako Distrik Mimika Timur. Thobias juga menyumbangkan mesin Babat rumput untuk  kelompok tani di setiap kampung.

"Mesin genset juga saya serahkan untuk gereja di Timika Pantai dan Kaokonao," katanya.

Penyaluran air bersih serta mesin pompa air juga sementara dibangun di kampung Aikawapuka. Selain itu, Thobias juga kerap membantu bahan bakar menyala (BBM) untuk kelancaran aktivitas masyarakat di wilayah pinggiran Mimika.

Dalam waktu dekat, ia juga akan menyerahkan masing-masing 2 unit mesin pompa air (Alkon) ke 6 kampung di wilayah Timika Pantai. Selanjutnya menyerahkan 1 unit mesin pemotong rumput dan 2 unit mesin parut kelapa serta Bama bagi warga Uta. Penyerahan 2 unit mesin pemotong rumput, puluhan kursi plastik serta Bama bagi masyarakat kampung Munuka. Sedangkan di kampung Wakia akan diserahkan 2 unit mesin pompa air (Alkon) 3 inci dan Bama.

"Untuk bantuan Bama itu selalu saya serahkan tiap acara adat. Ada juga warga Muslim di pesisir yang selalu saya bantu saat lebaran," katanya.

Lebih lanjut disampaikan bahwa pada Pokir-nya tahun 2024 juga akan difokuskan untuk pembangunan rumah bagi warga.

"Dapil 6 itu mulai dari Mimika Timur Jauh sampai ke Mimika Barat Jauh. Selain bantuan pembangunan melalui Pokir, saya juga selalu bawa Bansos berupa Bama dan bantuan lainnya untuk keperluan gereja dan pemuda. Itupun masih banyak kampung yang belum saya jangkau," ujarnya.

Penulis : Acik

Editor : Jimmy