SALAM PAPUA (TIMIKA) - Bupati Mimika Eltinus Omaleng ancam akan memecat oknum ASN yang menjadi aktor di balik aksi protes ASN yang selama ini terjadi di Mimika.

Dengan tegas Bupati Omaleng menyampaikan bahwa persoalan ASN merupakan kewenangannya selaku Bupati, dan bukan kewenangan siapa-siapa.

"Semua ASN yang demo itu akan saya tindak tegas. Nama-nama yang jadi aktor di balik aksi itu saya akan kasih pecat," tegas Eltinus Omaleng usai pertemuan bersama Pj Gubernur Papua Tengah Ribka Haluk di ruang pertemuan Hotel Horison Diana Timika, Selasa (16/1/2024).

Selain persoalan ASN yang lakukan aksi protes, ia juga menyesalkan adanya ASN yang mengadu  bahwa ada pejabat Eselon II yang ikut dinonjobkan. Padahal menurut dia, dirinya tidak melakukan hal tersebut.

"Eselon II yang mana yang dinonjobkan? Saya tidak lakukan itu," ujarnya.

Bupati Omaleng mengaku beberapa pejabat eselon III yang dinonjobkan adalah pejabat yang  sementara persiapan pensiun. Adapun salah satu pejabat yang dinonjobkan lantaran tidak loyal kepada pimpinan dan hal itu dilakukan atas arahan komisi aparatur sipil negara (KASN).

"Salah satu pejabat dinonjobkan karena tidak loyal. Itupun bukan kemauan saya, itu berdasarkan keputusan KASN," katanya.

Adapun tuntutan para ASN yang mendesak agar dirinya turun dari jabatan, menurut dia hal tersebut tidak mendasar.

"ASN tuntut saya turun jabatan, dasarnya apa? Salah saya di mana? Apa yang saya langgar? Saya lakukan (rolling jabatan, Red) itu sesuai dengan undang-undang ASN," ujarnya.

Penulis: Acik

Editor: Jimmy